Sirkulasi darah yang menuju dan berasal dari ginjal

12.03
Ginjal sebagai alat untuk menyaringdarah, maka ginjalmerupakan alat tubuh yang mempunyai pembuluh darah yang sangat banyak. Darah yang menuju keginjal berasal dari aorta abdominalis (pembuluh arteri besar perut) yang kemudian bercabang menjadi arteri renalis(pembuluh darah ginjal) kemudianmasuk ke dalam ginjal melaluibagian cekungan ginjal(hilus renalis). Arteri renalis sebelum memasuki ginjal biasanyabercabang menjadi 2 (dua) yaitu satu pada bagian anterior(depan) ginjal dan lainnya pada posterior (belakang). Setelah masuk ke dlam ginjal, arterirenalis bercabang menjadi arteri interlobaris, arteri arcuata, arteri interlobularis, arteriole aferen, glomerulus, arterioleeferen, kapiler peritubuler (juxta glomerulare), vena interlobularis, vena arcuata, vena interlobularis, vena renalis.
Dalam medula ditemukan venulae rectae, yaitu tempat darah mengalir kembali    ke    vena-vena    arkuata.    Pembuluh    ini mengandung darah yang telah difiltrasi di dalam glomeruli,yang memegang peranan   yang   penting   dalam   mempertahankan osmolaritas jaringaninterstitial medulla yang tinggi.
Kapiler-kapiler korteks bagian luar dan kapsul ginjal bersatu membentuk vena-vena stelata yang bermuara kedalam vena-vena interlobularis. Vena-vena mengikuti perjalanan yang sama seperti arteri. Darah dari vena-vena interlobularis mengalir ke dalam vena- vena arkuata, dan dari sini ke vena-venainterlobaris. Vena-vena interlobaris membentuk vena renalisdimana darah kemudian meninggalkan ginjal.





Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔