Layanan bimbingan dan konseling dilakukanmelalui kontak langsungdengan siswa, dan secara langsung berkenaan dengan permasalahanataupun kebutuhan tertentu yang dirasakan siswa. Kegiatan layanan itudifokuskan kepada salah satu ataubeberapa kompetensi yang hendaknya dicapai/dikuasai siswa. Layanan-layanan tersebut adalah :
1)LayananOrientasi,merupakan layanan yang memungkinkan siswa memahami lingkungan baru, terutama lingkungan sekolah dan obyek-obyek yang dipelajari, untuk mempermudah danmemperlancar berperannya siswa di lingkungan yang baru itu.
2)Layanan Informasi,merupakan layanan yang memungkinkan siswa menerimadan memahami berbagai informasi (seperti informasibelajar, pergaulan, jabatan, pendidikan lanjutan).
3)LayananPenempatandanPenyaluran, merupakan layanan yangmemungkinkan siswa memperoleh penempatan dan penyaluranyangtepat (misalnya penempatan dan penyaluran di dalam kelas, kelompok belajar, jurusan/program studi,program latihan,magang, kegiatan ko/ekstra kurikuler).
4) LayananPenguasaanKonten,merupakan layanan yangmemungkinkan siswamengembangkansikapdankebiasaan belajar yangbaik dalam menguasai materi belajaryangcocok dengankecepatandan kemampuan dirinya, sertaberbagai aspek tujuan dankegiatan belajar lainnya.
5) Layanan KonselingPerorangan, merupakan layanan yangmemungkin-kan siswa mendapatkan layanan langsungtatap muka(secara perorangan)maupun bisa juga melaluitatap muka sepertimelaluiinternet (e-counseling) untuk mengentaskan permasalahan yang dideritanya.
6) Layanan Bimbingan Kelompok, merupakan layanan yangmemungkin-kan sejumlah siswa secara bersama-samamelalui dinamika kelompok memperoleh bahan dan membahas pokok bahasan (topik) tertentu untuk menunjang pemahaman dan pengembangan kemampuan sosial, serta untuk pengambilankeputusan atau tindakantertentu melalui dinamika kelompok.
7) LayananKonselingKelompok, merupakan layanan yang memungkinkan siswa (masing-masinganggota kelompok) memperoleh kesempatanuntuk pembahasan dan pengentasan permasalahan pribadi melalui dinamika kelompok.
8) Layanan Konsultasi,merupakan layanan yang memungkinkan seseorangmemperoleh wawasan, pemahaman, dan cara-cara yangperlu dilaksanakan dalam menangani kondisi dan atau permasalahan oranglain yang menjadi kepeduliannya.
9) Layanan Mediasi, merupakan layanan yang memungkinkanfihak-fihak yangsedang dalam keadaan salingtidak menemukankecocokan (bertikai) menyelesaikan permasalahandan memperbaiki hubungan mereka.
0 Komentar
Penulisan markup di komentar