Pengertian/ makna Teori Belajar menurut Ausubel

03.07
Menurut Ausubel, siswa akan belajar dengan baik jika advance organizer (pengatur kemajuan belajar) didefinisikan dan dipresentasikan dengan baik dan tepat  kepada  siswa.  Pengatur  kemajuan  belajar adalah  konsep  atau  informasi umum yang mewadahi dan mencakup semua inti pelajaran yang akan diajarkan kepada siswa. Jadi proses belajar berlangsunsecara deduktif (dari umum ke
khusus).
Advance organizer dapat memberikan 3 macam manfaat, yaitu :
a)      dapat menyediakan suatu kerangka konseptual untuk materi belajar yang akan dipelajari siswa.
b)      Dapat  berfungsi  sebagai  jembatan  yang  menghubungkan  antara  apa  yang sedang dipelajari siswa dengan saat ini dengan apa yang akan dipelajari siswa
c)      Membantu siswa memahami bahan belajar secara lebih mudah.

Oleh karena  itu  gurdituntut  memiliki pengetahuan terhadap  ismata pelajaran dengan sangat baik serta dituntut pula untuk memiliki logika berfikir yang baik. Dimilikinya pengetahuan terhadap isi mata pelajaran dengan sangat baik  menjadikan guru  mampu menemukan informasi yang berciri sangat abstrak, umum, dan inklusif sehingga mampu mewadahi apayang akan diajarkan. Logika berfikir  guru  yang  baik  akan  menjadikan  guru  mampu  untuk  memilah-milah materi pelajaran dan merumuskannya dalam rumusan yang singkat, padat, serta mengurutkan materi demi materi itu ke dalam struktur urutan yanlogis dan mudah dipahami.
Secara umum, teori Ausubel dalam praktek adalah sebagai berikut :

a)      menentukan tujuan-tujuan instruksional
b)      mengukur kesiapan mahasiswa (minat, kemampuan, struktur kognitif) baik melalui tes awal, interview, review, pertanyaan, dan lain-lain.
c)      memilih  materi  pelajaran  dan  mengaturnya  dalam  bentuk  penyajian konsep-konsep kunci
d)     mengidentifikasi prinsip-prinsip yang harus dikuasai siswa dari materi tersebut.
e)      menyajikan suatu pandangan secara menyeluruh tentang apa yang harus dipelajari
f)       membuat dan menggunakan advance organizer,paling tidak dengan cara membuat rangkuman terhadap materi yang baru saja diberikan, dilengkapi dengan uraian singkat yang menunjukkan keterkaitan antara materi yang sudah diberikan dengan materi baru yang akan diberikan.
g)      mengajar kepada siswa untuk memahami konsep dan prinsip-prinsip yang sudaditentukan  dengan  memfokuskan  pada  hubungan  yang  terjalin antara konsep-konsep yang ada.
h)      mengevaluasi proses danhasil belajar.


Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔