Menurut Ausubel, siswa akan belajar dengan baik jika advance organizer (pengatur kemajuan belajar) didefinisikan dan dipresentasikan dengan baik dan tepat kepada siswa. Pengatur kemajuan belajar adalah konsep atau informasi umum yang mewadahi dan mencakup semua inti pelajaran yang akan diajarkan kepada siswa. Jadi proses belajar berlangsung secara deduktif (dari umum ke
khusus).
Advance organizer dapat memberikan 3 macam manfaat, yaitu :
a) dapat menyediakan suatu kerangka konseptual untuk materi belajar yang akan dipelajari siswa.
b) Dapat berfungsi sebagai jembatan yang menghubungkan antara apa yang sedang dipelajari siswa dengan saat ini dengan apa yang akan dipelajari siswa
c) Membantu siswa memahami bahan belajar secara lebih mudah.
Oleh karena itu guru dituntut memiliki pengetahuan terhadap isi mata pelajaran dengan sangat baik serta dituntut pula untuk memiliki logika berfikir yang baik. Dimilikinya pengetahuan terhadap isi mata pelajaran dengan sangat baik menjadikan guru mampu menemukan informasi yang berciri sangat abstrak, umum, dan inklusif sehingga mampu mewadahi apayang akan diajarkan. Logika berfikir guru yang baik akan menjadikan guru mampu untuk memilah-milah materi pelajaran dan merumuskannya dalam rumusan yang singkat, padat, serta mengurutkan materi demi materi itu ke dalam struktur urutan yang logis dan mudah dipahami.
Secara umum, teori Ausubel dalam praktek adalah sebagai berikut :
a) menentukan tujuan-tujuan instruksional
b) mengukur kesiapan mahasiswa (minat, kemampuan, struktur kognitif) baik melalui tes awal, interview, review, pertanyaan, dan lain-lain.
c) memilih materi pelajaran dan mengaturnya dalam bentuk penyajian konsep-konsep kunci
d) mengidentifikasi prinsip-prinsip yang harus dikuasai siswa dari materi tersebut.
e) menyajikan suatu pandangan secara menyeluruh tentang apa yang harus dipelajari
f) membuat dan menggunakan advance organizer,paling tidak dengan cara membuat rangkuman terhadap materi yang baru saja diberikan, dilengkapi dengan uraian singkat yang menunjukkan keterkaitan antara materi yang sudah diberikan dengan materi baru yang akan diberikan.
g) mengajar kepada siswa untuk memahami konsep dan prinsip-prinsip yang sudah ditentukan dengan memfokuskan pada hubungan yang terjalin antara konsep-konsep yang ada.
h) mengevaluasi proses danhasil belajar.
0 Komentar
Penulisan markup di komentar