Macam-macam metode-metode pembelajaran dalam pendidikan

07.57
Menentukan bagaimana cara-cara pembelajaran yang baik bukanlah suatu hal yang mudah. Banyak penelitian yang telah digunakan oleh para ahli psikologi untuk menentukan cara-cara pembelajaran yang baik. Metode dan teknik pembelajaran  adalah  cara  yang  di dalam  fungsinya     merupakan  alat  untuk mencapai tujuan pembelajaran tersebut. Operasionalisasi dari satu atau lebih metode-metode pembelajaran direalisasikan dalam kegiatan pembelajaran berdasarkan strategi pembelajaran yang telah ditetapkan.
Dalam bab ini dibicarakabeberapa metodeyang dapadipergunakan, yaitu :
1.   Metode Ceramah
Metode ini sudah banyak dan sering dipergunakan dalam kegiatan pembelajaran. Ceramah merupakan penjelasan yang disampaikan secara verbal (Saputro, 2000). Dalam menyampaikan informasi dengan melalui ceramah ini diperlukan ketrampilan untuk menjangkau tujuan pembelajaran. Adapun empat ketrampilan yang diperlukan dalam menggunakan metode ceramah ini menurut Saputro (2000) meliputi empat hal :
a.  Kejelasan
Bahasa  yang  dipergunakan  dalamenyampaikan  informasi  baik  dari segi kata-kata maupun volume suara hendaknya jelas dan disesuaikan dengan perkermbangan serta kemampuan siswa.
b. Penggunaan Contoh
Pemahama siswa   tentan suat ha perl ditingkatka dengan pemberian contoh-contoh tentang situasi yang dapat dialami dalam kehidupan sehari-hari.
c.  Penekanan
Selama memberikan penjelasan hendaknya memusatkan perhatian siswa pada  masalayang  penting  damenguranginformasyantidak penting.
d. Pemberian Umpan Balik
Pemberian umpan balik ini dilakukan dengan memberi kesempatan siswa untuk bertanya dan menjawab pertanyaan untuk memberikan pemahaman danpenjelasan dari hal-hal yang mungkin masih membingungkan.

2.   Metode Tanya Jawab
Metode tanya jawab adalah metode pembelajaran dengan mengajukan pertanyaan kepada siswa. Pertanyaan tersebut merupakan perangsang yang baik dalam pemahaman suatu informasi.
Dalam menguasai seni bertanya , diperlukan empat ketrampilan bertanya, yaitu :
a.    Kemampuan berpikir cepat dan jelas
b.    Pengertian yang tajam tentang nilai relatif dalam menangani pertanyaan dantanggapan siswa.
c.    Ketrampilan membuat kalimat bertanya
d.    Percaya diri
3.   Metode Diskusi
Pembelajaran  yang  menggunakan  metode  diskusi  merupakan pembelajaran yang bersifat interaktif. Ketika salah satu siswa menyampaikan informasi tertentu, maka yang lain mendengarkan. Dalam diskusi ini diperlukan keaktifan siswa. Ada tiga tujuan pembelajaran yang sesuai dengen penggunaan metode diskusi, yaiyu :
a.    penguasaaan materi pembelajaran
b.    pembentukan dan modifikasi sikap
c.    pemecahan masalah
4.   Metode Kerja Kelompok
Metode pembelajaran  dengan  kerja kelompok  merupakan  pemecahan masalah dan penyelesaian tugas dengan melalui proses kelompok. Metode ini seringkali  didahului  degan  diskusi untuk   it diperlukan  kerja   sama   dan komunikasi yang baik agar penyelesain tugas dapat tercapai.
5.   Metode Simulasi
Simulasi adalah tiruan yang hanya pura-pura saja (Saputro, 2000). Metode simulasi ini biasa dilakukan untuk melatih ketrampilan tertentu dan memperoleh pemahaman tentansesuatkonsetertentu. Bentuk  simulasini misalnya role playing, sosiodrama dan permainan.
6.   Metode Demonstrasi
Metode demostrasi merupakan metodeyang dilakukan untuk memperlihatkan cara kerja dan proses terjadinya sesuatu. Metode ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik atas pertanyaan-pertanyaan seperti bagaimana cara mengaturnya, bagaimana proses bekerjanya, bagaimana proses mengerjakannya dan lain-lain.
7.   Metode Tugas
Dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang sesuatu hal, perlu dilakukan dengan pemberian tugas atau pekerjaan tertentu. Pemberian tugas tersebut dilakukan dengan maksud tertentu misalnya melatih analisa siswa tentang pelajaratertentu,  memecahkan  masalah,  mengklasifikasi  masalah  dan sebagainya.


Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔