Pengelompokan teori kepribadian secara umum dalam suatu ilmu pengetahuan

01.54


Beberapa teori kepribadian yang dikenal dalam kajian sosiologi, psikologi maupun antropologi, secara umum dapat dikelompokkan menjadibeberapa empat (4) bagian, sebagai berikut.
1. Teori-teorikepribadian yang berorientasi psikodinamik, teoriini berpandangan  bahwa  sebagian  terbesar  tingkah  laku   manusia digerakkan oleh daya-daya psikodinamik seperti motif-motif, konflik- konflik, dan kecemasan-kecemasan. Diantaranya yang termasuk dalam kelompok ini adalah: teoripsikoanalisis klasik Freud, psikologi egoErik Erikson, teori Analitik Carl Jung, teori psikologi sosial Alfres Adler, Erich Fromm, Karen Horney,dan Harry StackSullivan.
2. Teori-teori  kepribadian yang  berorientasi  holisitik,  teori  ini berpandangan bahwa  manusia  merupakan suatu  organisme  yang utuh  atau  padu  dan  bahwa  tingkah  laku  manusia  tidak  dapat dijelaskan semata-mata berdasarkan aktifitas bagian-bagiannya. Kelompok yang termasuk dalam teoriini adalah: Personologi Henry Murray,  teori  organismik Kurt  Goldstein dan  Andras  Angyal,  teori Humanistik Abraham Maslow dan Carl Rogers,teori Eksistensial Ludwig Binswanger dan Medard Boss, dan teori Medan Kurt Lewin. Selain itu kelompok teori ini juga disebut dengan teori kepribadianyang berorienttasi fenomenologis, karena teori ini menekankan pentingnya cara sang individumanusia dalam mempersepsikan dan mengalami dirinya serta dunia sekelilingnya.
3.  Teori-teori kepribadian yang berorientasi sifat (trait theories) atau teori tipe (type theories), teori ini berpandangan bahwa sebagian terbesar manusia memiliki sifat-sifat tertentu,yakni pola kecenderungan untuk bertingkah laku dengan cara tertentu, sifat yang stabil ini menyebab- kan manusia bertingkah laku secararelatif tetap dari situasi ke situasi. Mereka  yang  termasuk  dalam  kelompok  teori ini  adalah:  teori psikologi individu dari Gordon Allport, psikologi konstitusi dari William Sheldon, dan teorifaktor Raymond Cattell.
4. Teori-teori kepribadian yang berorientasi behavioristik, teori ini menekankan proses belajar serta peranan lingkungan yang merupa- kan kondisi langsung belajar, dalam menjelaskan tingkah laku. Menurut teori ini semua bentuk tingkah laku manusia merupakanhasil belajar yang bersifatmekanistik lewat proses perkuatan. Merekayang termasuk dalam kelompok ini adalah teoristimulus-respon John Dollard dan Neal Miller, serta peori perkuatan operan B.F. Skinner.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔