Perkembangan Kapitalisme Global dan Dampak Kapitalisme Global

07.26


Kapitalisme global adalah upaya meraih keuntungan dan mengakumulasi modal tanpa batas atau sekat yang berupa negara. Dalam perkembangannya, kapitalisme global ini telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari sebagian orang di berbagai belahan dunia. Sebagai contoh, dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, seseorang akan merasa ada sesuatu yang hilang bila dalam  satu  hari  tidak  melihat  TV,  membaca  koran,  ataupun  membaca  email. Dengan teknologi informasi dankomunikasi tersebut, seseorang dengan mudah dapat memindahkan ribuan maupun jutaan dollar melintasi batas negara dalam hitungan detik dengan hanya menekan-nekan tombol Personal Computer (PC) di rumah atau menggunakan telepon seluler.
Kapitalisme global juga mengubah cara pandang orang terhadap berbagai hal. Cara pandang tentang uang misalnya, bukan lagi hanya sebagai alat tukar melainkan  juga  sebagai  barang  dagangan  seperti  komoditas  lainnya.  Adanya profesi pedagang valuta asing membuktikan hal tersebut. Lebih lanjut, uang yang biasa terlihat sebagai lembaran-lembaran kertas, di tangan lembaga keuangan saat ini berkembang menjadi bentuk yang lebih canggih seperti bonds, stocks, comercial notes dan sebagainya. Ttransaksi yang dilakukannyapun tidak berdasakan saat ini (sekarang), tetapi dapat pula transaksi untuk masa nanti, sehingga dapat dibayangkan betapa rumitnya perputaran uang di dunia ini.
Perkembangan  kapitalisme  yang  semakin  mengglobal  mendorong terjadinya berbagai kondisi baru sebagai berikut.
(1) Terciptanya  berbagai  inovasi  yang  memunculkan  produk-produk  yang  ada.
Kondisi ini menyebabkan melimpahnya produk dengan harga yang relatif lebih
murah, sehingga meningkatkan persaingan.
(2) Terjadinya relokasi perusahaan multinasional untuk memanfaatkan keunggulan komparatif suatu negara, agar dapat memenangkan persaingan. Misalnya saja, relokasatas industri padat  karya  untuk  mendapatkan  pekerjdengan upah yang lebih murah. Dalam proses ini muncullah berbagai perusahaan multinasional, yaitu perusahaan yang mempunyai cabang di berbagai negara.
(3) Terjadinya  arus  internasionalisasi  dan  perputaran  modal  yang  sangat  cepat yang  menembus  batas  waktu  dan  ruang.  Modal  yang  berputar  tersebut bergerak tidak hanya di sektor yang produktif tetapi juga di sektor yang spekulatif.
(4) Terbentuknya  suatu  tatanan  dunia  baru  yang  dimotori  lembaga-lembaga
internasional dan forum internasional seperti IMF, World Bank, WTO dan lsebagainya. Secara serentak lembaga dan forum internasional tersebut mengkampanyekan dan mengarahkan dunia ke arah kerangka kebijakan baru yang mendukung rezim liberal dan perdagangan bebas global. Aturan-aturan liberalisasi, deregulasi, dan privatisasi merebak di segala penjuru dunia.
(5) Dari yang berpandangan negatif, menganggap bahwa globalisasi tidak banyak manfaatnya atau bahkan merugikan. Investasi dalam bentuk penanaman modal asing, akan menguras sumber daya yang dimiliki oleh suatu bangsa dengan manfaat paling besar justru tidak dinikmati oleh bangsa tersebut. Contoh lain yangdapat merugikan, adalah liberalisasi arus modal yang memicu krisis ekonomi di berbagai negara Asia.
(6) Di samping pandangan yang bersifat negatif dari kapitalisme global, ada pula yangberpandangan positif. Pandangan itu pada intinya menyatakan bahwa penanaman modal asing dianggap dapat memungkinkan akses terhadap teknologi, manajemen dan pemasaran. Di samping itu, arus modal juga memungkinkan untuk menutup kesenjangan antara tabungan dan investasi, sehingga memungkinkan pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔