Macam Fungsi-Fungsi Manajemen

08.03


1.  Perencanaan (Planning)

Perencanaan merupakan fungsi awal manajemen yang dimulai dari penetapan tujuan dan kemudian menetapkan perencanaan untuk mencapai tujuan tersebut. Perencanaan berhubungan dengan tujuan yang akan dicapai dimasa datang.
Berdasar rentang waktu pencapaian tujuan organisasi dapat dikelompokkan menjadi:
Ø  Tujuan jangka panjang
Tujuan yang dibuat untuk jangka waktu yang cuku; lama, biasanya lebih dar  tahun   dan   merupakan   panduan   suat organisasi   akan berkembang dan menjadi perusahaan seperti apa.
Ø  Tujuan jangka menengah
Tujuan yang lebih cepat waktu pencapaiannya dan biasanya merupakan penjabaran dari tujuan jangka panjang yang coba akan dicapai pada rentang waktu yang lebih singkat. Periode pelaksanaan biasanya 1 5 tahun.
Ø  Tujuan jangka pendek
Tujuan yang disusun untuk waktu kurang dari 1 tahun yang berhubungan dengan operasional rutin organisasi.
Setelah menetapkan tujuan organisasi kemudian perlu adanya perencanaa kegiatan yang jelas untuk mencapai tujuan.
Adapun tingkatan rencana kegiatan organisasi dapat dibagi dalam tiga tingkatan yaitu:
o   Rencana strategik
Rencana strategik berisi tentang alokasi sumber daya yang dimiliki organisasi, dan langkah –  langkah yang perlu dilakukan untuk dapat mencapai tujuan jangka panjang  (strategis) perusahaan.  Rencanini biasanya disusun oleh pinpinan organisasi yang menentukan arah organisasi.  Rencana  strategis  merupakan  visi  perusahaan   dimasa
datang  yang  merupakan  tujuan  yang  akan  dicapai  dalam  jangka panjang.
o   Rencana taktis

Rencana taktis lebih pendek rentang waktunya dan merupakan penerapan dari rencana strategik yang sudah disusun oleh perusahaan. Perencanaan taktis biasanya melibatkan tingkatan manajemen menengah.
o   Rencana operasional
Rencana operasional berhubungan dengan kegiatan operasional rutin sehari hari yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek
organisasi.

2.  Pengorganisasian (Organizing) dan pembentukan staff (Staffing)
Pengorganisasian adalah suatu proses memperoleh dan mengatur sumber daya perusahaan  baik  manusia,  modal,  dan  teknologi  untuk  dapat  secara  baik menjalankan rencana yang sudah dibuat dan mencapai tujuan organisasi. Pembentukan  staff  merupakan  pemilihan  dan  penempatan  sumber  daya manusia  yang  akan  melaksanakan  rencana  kegiatan  yang  telah  disusun sehingga akandapat berjalan dengan baik dan tepat.

3.  Pengarahan (Directing)
Pengarahan adalah fungsimanajemen yang bertujuan untuk memberikan panduan dan panutan kepada karyawan sehingga kegiatan operasional akan berjalan sesuai dengan yang diinginkan oleh organisasi. Pengarahan berkaitan dengan kepemimpinan seseorang terhadap orang lain dan membentuk suasana yang kondusif dan dinamis sehingga karyawan termotivasi untuk bekerja dan mencapai tujuan organisasi.

4.  Pengendalian (Controlling)
Pengendalian merupakan bentuk pengawasan dan kontrol dari manajemen terhadap kegiatan operasional organisasi apakah sudah sesuai dengan rencana yang  ditetapkan  dan  sesuai  dengan  arah  tujuan  organisasi.  Pengendalian  mencegah adanya kegagalan dengan cara mengamati kinerja organisasi secara keseluruhan dan melakukan evaluasi apabila diperlukan.


Fungsi pengendalian  berawal  dari penetapan  standar  penilaian,  pengukuran kinerja kegiatan apakah sesuai dengan standar, mengevaluasi hasil kinerja, dan terakhir melakukan koreksi ataupun perbaikan bila diperlukanPengendalianmencegah adanya kegagalan dengan cara memonitor kinerja individual, departemen,  divisi  dan  kinerjkeseluruhan  demi  kesuksesan  organisasi. Dengan kata lain, fungsi ini berusaha mencegah timbulnya masalah, mendefinisikan masalah jika timbul dan kemudian mencari solusi pemecahan masalah secepat dan seefektif mungkin.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔