Metode Bercerita
Dalam penerapan komunikasi
pendidikan di PAUD Anak Prima
metode bercerita merupakan bentuk komunikasi dua arah dimana masing-masing bercerita dan anggota yang lain memperhatikan. Segala bentuk respon balik dari anggota dapat dilihat dan direspon kembali secara langsung.
Metode bercerita merupakan salah satu pemberian pengalaman belajar bagi anak dengan membawa cerita kepada anak secara lisan. Dengan bercerita, rasa ingin tahu balita meningkat dan antusiasme pun akan meningkat. Dengan begitu, dalam bercerita guru juga dapat mengatur kondisi dalam kelas, mengarahkan perilaku balita dalam kelas dan merespon balik segala macam respon yang ditunjukkan balita. Dengan
metode bercerita, balita diajak untuk secara bersama-sama mendengarkan dan memperhatikan cerita, baik alur maupun kata-kata yang digunakan. Diharapkan balita agar mempunyai kosakata yang melimpah dan lancer dalam berkomunikasi dengan yang lain.
Kelebihan metode bercerita :
a. Anak lebih banyak menyerap verbal b. Guru lebih mudah mengatur anak
c. Anak lebih senang membayangkan secara ilustrasi cerita yang diberikan guru
d. Dapat mengendalikan emosi anak
e. Membuat anak lebih penasaran akan cerita yang diberikan guru.
Share this :
0 Komentar
Penulisan markup di komentar