Sarana atau fasilitas Penyelenggaraan Program Bimbingan dan Konseling

12.20


Fasilitas atau saranayang diharapkan tersedia di sekolah ialahruangan tempat bimbingan yangkhusus dan teratur, serta perlengkapanlain yangmemungkinkan tercapainya proses layananbimbingan dan konseling yang bermutu. Ruangan hendaknya sedemikian rupa sehinggadi satu segi para siswa yang berkunjung ke ruangan tersebut merasa senang, aman dan nyaman, serta segi lain di ruangan tersebut dapatdilaksanakan layanan  dan kegiatan  bimbingan  lainnya  sesuai dengan asas-asas dan kode etik bimbingan dan konseling. Terkait dengan fasilitas bimbingan dan konseling, disini dapat dikemukakan tentang unsur- unsurnya, yaitu : (1) tempat kegiatan, yangmeliputi ruang kerja konselor, ruanglayanan konselingdan bimbingan kelompok, ruangtunggutamu, ruang tenaga  administrasi,  dan  ruang perpustakaan;  (2) instrumen  dankelengkapan administrasi, seperti : angket siswa dan orang tua, pedomanwawancara, pedoman observasi, format konseling, format satuan layanan,dan format surat referal; (3) Buku-buku panduan, buku informasi tentang studi lanjutan atau kursus-kursus, modul bimbingan, atau buku materilayanan bimbingan, buku  program  tahunan, buku program semesteran, buku   kasus,   buku   harian,   buku   hasil   wawancara,   laporan   kegiatanlayanan, data kehadiran siswa, leger BK, dan buku realisasikegiatan BK; (4) perangkat elektronik  (seperti  komputer, dan  tape recorder);  dan (5) filing kabinet (tempat penyimpanan dokumentasi dan data siswa).
Di dalam ruangan itu hendaknya juga dapatdisimpan segenap perangkat instrumenbimbingan dankonseling,himpunan data siswa,danberbagai data serta informasi lainnya. Ruangan tersebut hendaknya juga mampu memuat berbagai penampilan, seperti penampilan informasi pendidikan dan jabatan, informasi tentangkegiatan ekstra kurikuler, dan sebagainya.  Yang  tidak kalah penting  ialah,  ruangan itu hendaklah nyaman yangmenyebabkan para pelaksana bimbingan dan konselingbetah bekerja.Kenyamanan itu merupakan modal utama bagi kesuksesan pelayanan yang terselenggara.
Sarana yang diperlukan untuk penunjanglayanan bimbingan dankonseling adalah sebagai berikut:
a.     Tempat bekerja dan melaksanakan kegiatan BK

b.   Peralatan instrumentasiBK, termasuk instrument pengungkapanmasalah dan kondisi siswa, baik yangbersifat tes maupunnon test,format-format.
c.     Bahan-bahan informasi, seperti informasi pendidikan dan informasi

jabatan.

d.     Buku-buku bimbingan

e.     Pedoman kegiatan, meliputi:

1)     SK dan  ketentuan  serta kebijakan-kebijakan dari pemerintahtentang BK dan pendidikan pada umumnya.
2)     Panduan operasional:

a)  Penyusunan program BK

b)  Penilaian hasil layanan BK. c)  Pelaksanaan layanan BK d)  Pelaksanaan kegiatan pendukung BK

e)  Bimbingan teman sebaya

f)   Bimbingan kegiatan kelompok belajar g)  Penjurusan siswa
f.     Peralatan administrasi, baik yang  bersifat  ATK maupun perangkat keras, seperti alat-alat optik dan elektronik, termasuk komputer
g.  Dukungan dan kesempatan. Fasilitas inisangat penting, sebab tanpadukungan semua pihak dan pemberi kesempatan untuk dilaksanakannya kegiatan BK,makakesuksesan program BK tampaknya  akan menjadi  mustahil.  Kesempatan  yang perlu mendapat perhatian khususmisalnya Guru Pembimbing masuk kelas minimal satu jam perkelas perminggu, dan melaksanakan kegiatanBK diluar jam belajar sekolah.
h.   Pengembangan profesional. Upaya pengembangan profesional bagiGuru   pembimbing   dan   Guru   kelas   dalam   bidang   BK   perlu memperoleh fasilitas yang memadai. Upaya ini menjamin dinamisasidan pengembangan BK secara menyeluruh.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔