macam-macam alat evaluasi jenis tes dalam pendidikan

11.09
v  Alat evaluasi jenis tes:
a)    Tes merupakan prosedur atau alat yang digunakan untuk mengetahui atau mengukur sesuatu dalam suasana yang telah ditentukan, dan dengan cara serta aturan-aturan yang sudah ditentukan. Untuk mengerjakan tes bergantung dari petunjuk yang diberikan
b)   Performance  test  (tes  perbuatan)  yaitu  tes dalam  bentuk  perbuatan  atau tindakan tertentu. Dengan tes perbuatan testee ditugasi untuk melakukan perbuatan atau tindakan tertentu seperti yang dimaksudkan oleh tester. Contohnya  tes  keterampilan  mengetik,  menari,  menggambar,  dan keterampilan dalam bidang olah raga.
c)    c Verbal test (tesverbal)  yaitu tes yanjawabannya diharapkan dari testee berupa uraian dalam bentuk  bahasa.  Jawaban atau respons tersebut  dapat dinyatakan dalam bentuk bahasa yang diucapkan (lisan) dan dapat pula dinyatakan dalarn bentuk bahasa tertulis.
d)   Nonverbal test yaitu tesdalam bentuk bahasa isyarat atau gerakan tertentu, sedang tugas testee mengartikan atau menafsirkan gerakan atau isyarat yang diberikan oleh tester. MisaInya tes yang dilaksanakan di sekolah luar biasa (bisu tuli), dalam pendidikan kepramukaan dsb.
e)    Essay test (tes subyektif) ialah suatu pertanyaan yang jawabannya diharapkan dari testee berupa uraiamenurut  kemampuan yandimiliki.  Pertanyaan- pertanyaan   pada   tes   subyekti biasany menggunakan   kalimat-kalimat pendek, sedang jawaban yang diharapkan dari testee berupa uraian yang panjang lebar dan bebas, dengan gaya bahasa serta susunan kalimat masing- masing
f)    Objective test (tes objektif) ialah tes yang disusun sedemikian rupa sehingga jawaban yang diharapkan dari testee berupa kata-kata singkat dan bahkan pada tipe  tertentu cukup hanya dengan memberikan tanda-tanda check (v), tanda silang (X) atau lingkaran (0).
g)   Supply test (tesmenyajikan) ada dua tipe:

§  Short answer test (tes jawab singkat) disebut juga simple question test merupakan  pertanyaan  tes   yan disusun  sedemikian  rupa   sehingga jawaban yang diminta cukup hanya dengan kalimat pendek saja, bahkan cukup dengan satu atau dua kata saja.
§  Completion test (tes melengkapi), tes, tipe ini merupakan serangkaian kalimat,  yang  bagian-bagian penting  dari kalimat tersebut  dikosongkan untuk diisi oleh testee.


v  Selection test (tespilihan) ada lima tipe:
a)      True-false test (tes benar-salah), butir-butir soalnya berupa pernyataan- pernyataan,  pernyataan-pernyataatersebut  ada  yang  benar  ada  yang salah, Tugas testee adalah membenarkan atau menyalahkan pernyataan tersebut dengan memberi tanda silang atau menulis B bila benar atau S bila salah.
b)      Multiple choice test (tes pilihan ganda), terdiri atas suatu keterangan atau pemberitahuan tentansesuatu pengertian yang  belum lengkap. Untuk melengkapinya testee harus memilih satu diantara jawaban yang telah disediakan.
c)      Matching test (tes menjodohkan) yaitu tes yang terdiri dari satu seri pertanyaan dan satu seri jawaban. Masing-masing pertanyaan mempunyai jawaban yang tercantum dalam seri jawaban. Tugas testee ialah mencari danmenjodohkan jawaban-jawaban sehingga cocok atau sesuai dengan pertanyaannya.
d)     Analogy test (tesanalogi) merninta kepada teste untuk menjawab soal-soal dengan mencari bentuk kesesuaiannya dengan pengertian yang telah disebutkan terdahulu.
e)      Rearrangement  test  (tes  menyusun  kembali),  tes ini  memerintahkan kepada testee untuk menyusun rangkaian pengertian atau urutan-urutan proses menurut tata cara yang sebenamya dari suatu urutan yang sengaja dibuat tidak teratur. Urutan tersebut dapat berupa urutan kronologis, urutan kesukarannya, urutan panjangnya, beratnya, tingginya dsb.


Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔