Perkembangan Ilmu kesehatan pribadi menjadi cabang-cabang ilmu

17.34


Pada tataran perkembangan berikutnya, ilmu kesehatan pribadi berkembang menjadi cabang-cabangilmu yang mempelajari bagian-bagian  yang  lebih  spesifik  dan  detail.  Ilmu  kesehatan pribadi berurusan dengan masalah klinis pribadi yang mengalami gangguan kesehatan, maka profesikedokteranlah yang lebih tepat
untuk  menanganinya.Pada  tataran  selanjutnya, perkembangan
ilmu kesehatanpribadi tidak dapat terlepasdari sumbangan ilmu- ilmu dasar seperti:
1.  Ilmufaal atau fisiologi adalah ilmu yang mengkaji fungsi tubuh pada keadaan normal. Fisiologi sebagai ilmu berperan menjelaskan mengapa tubuh melakukan suatu aktivitasdan bagaimana  mekanisme  aktivitas  tersebut.  Sebagai  contoh: mengapa kita perlu bernafas?Bagaimana mekanisme pengambilan gas oksigen?Bagaimana pengangkutan gas oksigen? Bagaimana akhirnya oksigen digunakan oleh tubuh? Ilmu   faal   berperan  penting   untu memahami  fenomena (gejala) yang terjadi pada kondisi tubuh normal, sebelum menjelaska adanya   anomali   (penyimpangan).   Sebagai contoh, untuk mempelajari timbulnya penyakit kencing manis (diabetes melitus) yang ditandai dengan kadar gula darah tinggi, maka harus diketahui lebih dahulu mekanisme pemeliharaan kadar gula darah secara normal.
2.  Anatomi yaitu ilmu yang mempelajari tentangstruktur tubuh. Anatomi berperan membantu menjelaskan suatu mekanisme dalam  tubuh.  Dengan  demikian,  fisiologi  memiliki  kaitan sangat erat dengan anatomi bahkan kerapkali dikaitkan menjadi satu istilah yaitu anatomifisiologi.
3.  Patologi yaitu ilmu  yang mempelajari segala sesuatuyang berkaitan dengan timbulnya penyakit. yang berkaitan dengan ciri-ciri  dan  perkembangan  penyakit  melalui  analisis perubahan fungsiatau keadaan bagiantubuh.
Pada awal perkembangannya ilmu faal mempelajari atau mengkaji aktivitas tubuh secara keseluruhan, dengan demikian bidang kajiannya sangat luas. Pada tataran berikutnya, maka ilmu faal berkembang menjadi cabang-cabang ilmufaal yang mempelajari bagian-bagian tubuh secara lebih spesifik dan mendetail.Hal ini dapat dipahami karena jika diuraikan, makatubuh manusia terdiri dari berbagai alat-alat tubuh. Alat-alat tubuh yang memiliki peran dan fungsi yang sejenismembentuk suatu sistem organ. Sebagai contoh: jantung, cairan darah, dan pembuluh darah bersatu membentuk sistemperedaran darah.
Berdasarkan tingkatan organisasi penyusun tubuh kita, maka pada tingkat sistem organ muncul cabang-cabang ilmu faal antara lain: endokrinologi, neurologi, digesti,respirasi, sirkulasi, ekskresi, reproduksi.
Di  tingkat  organ,  muncul  cabang-cabang ilmu faal  antara  lain: pulmonologi, dermatologi, kardiologi, oftalmologi, osteologi, gastro- enterologi.
Alat-alat tubuh jika diuraikanlagi tersusun atas jaringandan sel- sel. Pada hakekatnya, jika seluruh sel-sel penyusuntubuh dapat berfungsi secara normal atau dalam kondisi homeostasis, maka tubuh akan menjadi sehat.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔