Koordinasi tangan memiliki 2 aspek yaitu
a. Kemampuan menolong diri sendiri (self help skill) Kemampuan untuk menolong diri sendiri misalnya :
· mencuci tangan
· menyisir rambut
· menggosok gigi
· memakai pakaian
· makan dan minum sendiri, dsb
b. Kemampuan untuk pembelajaran
Koordinasi tangan dan mata anakdapat dilatih dengan banyak melakukan aktivitas misalnya :
· membuka bungkus permen
· membawa gelas berisi air tanpa tumpah
· membawa bola di atas piring tanpa jatuh
· mengupas buah
· bermain playdough
· meronce, menganyam, menjahit
· melipat
· menggunting
· mewarna, menggambar dan menulis
· menumpuk mainan, dsb
Setiap gerakan yang dilakukan anakakan melibatkan koordinasi tangan dan mata juga gerakan motorik kasar dan halus. Makin banyak gerakan yang dilakukan anak, maka makin banyak pula koordinasiyang diperlukannya. Karena itu,anak perlu mendapatkan banyak kegiatan yang menunjang motorik kasar dan halus anak, yang tentunya dirancang dengan baik seduai dengan usia perkembangan anak.
0 Komentar
Penulisan markup di komentar