Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

21.34
Saluran pencernaan mesti dirawat sebaik-baiknya, karenajika terjadi kerusakan akan sangat berat dan sulit untuk memperbaikinya. Di bawah ini ada beberapa tindakan menjaga dan merawat saluran pencernaan dan cara mencegahpenyakit saluran pencernaan.
1. Mencuci tangan secara cermat dengan sabun dan air sebelum menyentuh makanan.
2.  Makanan sebaiknya yang higienis.
3. Makan secara teratur dan memenuhi kebutuhan gizi yang cukup danseimbang.
4. Makan dalam suasana yang santai tidak tergesa-gesa. Tidaklah dianjurkan makan dalam keadaan tegangatau gugup.
5. Jangan asal menelan, ambil cukup waktu mengunyah sehingga tercampur dengan saliva baru kemudian menelan. Istirahat beberapa menit setelah makan untuk memberi kesempatan pencernaan melaksanakan tugasnya.
6. Makanan cukup sederhana namun mengandung segala keperluan tubuh, termasuk sayurandan buah segar.
7. Hindari kegiatanmental atau berpikiryang berat setelahmakan. Soalnya darah sebagianbesar dialirkan ke perut untuk mencerna makanan sehingga waktu berpikir menjaditidak efisien.
8. Agar lancar buang air besar dianjurkanmengkonsumsi makanan berserat setiap harinya dan hindari makanan yang menyebabkan sembelit seperti keju, roti putih, dan makanan yang rendah residunya. Makan  makanan yang  cukup  mengandung sayuran karena sayuran banyak mengandung serat kasar. Dalam bahasa Inggris makanan seperti itu disebut roughages, terdiri dari sayur- sayuran yang berserat-serat, kulit buah-buahan, jagung, dan lain- lain.  Dengan  rajin  mengkonsumsi  sayur  dan  buah,  buang  air besar (BAB) menjadi lancar. Serat yang terdapat di dalam keduanya bisa mendorong tinjauntuk keluar. Karenaitu, anak atau orang dewasa yang kurang mengkonsumsi buah dan sayur biasanya akan mengalami kesulitandalam buang air besar. Kalau makanan yang dikonsumsibanyak mengandung serat, maka sisa makanan      relatif  mampu   menyerap   air   sehingga   kotoran mengembang, volumenyabertambah dan reflekBAB terjadi setiap hari. Ini merupakan pola yang sehat karena kotoran dapat segera dibuang  dari tubuh.  Masa  transit  kotoran  pun  menjadi  lebih singkat karena pembuangan kotoran berlangsung setiap hari. Tetapi jika konsumsi makanan miskin serat akibatnya sisa makanan yang menumpuk di rektum jadi lebih lama. Untuk membuangnya  memerlukan  waktu sampai  volumenya  cukup untuk merangsang berak. Akhirnyaterjadilah sembelit dan susah buang air besar karena kotoran berhenti bahkan mengeras. Kalaupun bisa dikeluarkan biasanya akan berbentuk seperti kotoran kambing. Usus besar pun akan bekerja lebih berat. Tak jarangbuang air besar harus disertaimules-mules terlebih dahulu untuk mendorong kotoran yang menumpuk itu. Kalau sampai terjadi berhari-hari tak bisa buang kotoran, dapat dibayangkan bagaimana akibatnya.


9.  Jangan menahan-nahan bila mau BAB. Biasakandiri buang air besarpada waktu-waktu yang tertentu.Pengaruh sembelit pada tubuh. Orang yang sering-sering menderita sembelit sering tidak merasa  sehat  badannya,  pusing-pusing.  Hal  ini  desebabkan karena ada zat-zat yang sebenarnya harus sudah dikeluarkan, diserap kembali oleh usus. Ada yang beranggapan, bahwa sembelit lama-lamadapat mengakibatkan tumor usus, apendisitis, luka-luka pada usus dan sebagainya. Hal ini belum atau tak dapat dinyatakan kebenarannya. Yang terang terdapatialah penyerapan kembali  dari  zat-zat  yang  harusnya sudah  hilang.  Bila  hal  ini berlangsung terus menerus, tentutubuh akan menderita.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔