Silabus disusun berdasarkan Standar Isi, yang di dalamnya berisikan Identitas Mata Pelajaran, Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD), Indikator, Materi Pokok, Kegiatan pembelajaran, Alokasi Waktu, Sumber Belajar, dan Penilaian. Dengan demikian,
silabus pada dasarnya menjawab permasalahan-permasalahan sebagai berikut.
-Kompetensi apa saja yang harus dicapai siswa sesuai dengan yang dirumuskan oleh Standar Isi (Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar).
-Materi Pokok apa sajakah yang perlu dibahas dan dipelajari peserta didik untuk mencapai Standar Isi.
-Kegiatan pembelajaran yang bagaimanakah yang seharusnya diskenariokan oleh guru sehingga peserta didik mampu berinteraksi dengan objek belajar.
-Indikator apa sajakah yang harus ditentukan untuk mencapai Standar Isi.
-Bagaimanakah cara mengetahui ketercapaian kompetensi berdasarkan Indikator sebagai acuan dalam menentukan jenis dan aspek yang akan dinilai.
-Berapa lama waktu yang diperlukan untuk mencapai Standar Isi tertentu.
-Sumber Belajar apa sajakah yang dapat diberdayakan untuk mencapai Standar Isi tertentu.
Share this :
0 Komentar
Penulisan markup di komentar