mbelajaran yang efektif memerlukan perencanaan yang baik
media maupun unsur pendukung yang lain. Agar pemanfaatan
media pembelajaran dapat memberi hasil yang optimal terhadap hasil belajar siswa, maka dalam
pemilihan media harus dipertimbangkan beberapa hal. Menurut Nana Sudjana dan Ahmad Rivai (2010: 4-5) kriteria tersebut adalah:
1) Ketepatan dengan tujuan pembelajaran.
2) Dukungan terhadap isi bahan pembelajaran.
3) Kemudahan memperoleh
media.
4) Keterampilan guru dalam mengemukakan.
5) Sesuai dengan tingkat berfikir siswa.
Menurut Wilkinson (R. Angkowo, 2007: 14), ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih
media pembelajaran, yakni:
1) Tujuan,
media yang dipilih hendaknya menunjang tujuan pembelajran yang dirimuskan. Tujuan yang dirumuskan ini adalah kriteria yang paling pokok, sedangkan tujuan pembelajaran yang lain merupakan kelengkapan dari kriteria utama ini.
2) Ketepatgunaan, jika materi yang akan dipelajari adalah bagian-bagian yang penting dari benda, maka gambar seperti bagan dan slide dapat digunakan. Apabila dipelajari adalah aspek-aspek yang menyangkut gerak, maka
media film atau video.
3) Keadaan siswa,
media akan efektif digunakan apabila tidak tergantung dari beda interindividual antara siswa. Misalnya siswa yang tergolong tipe auditif/visual maka siswa yang tergolong tipe auditif dapat belajar dengan
media visual dan siswa yang tergolong tipe visual dapat juga belajar dengan
media auditif.
4) Ketersediaan, meskipun suatu
media dinilai sangat tepat untuk mencapai tujuan pembelajaran, media tersebut tidak dapat digunakan jika tidak tersedia.
5) Biaya, biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh dan menggunakan media hendaknya benar-benar seimbang dengan hasil-hasil yang akan dicapai.
Share this :
0 Komentar
Penulisan markup di komentar