Fasilitasi menunjukkan kelancaran atau peningkatan kualitas kerja karena disaksikan anggota
kelompok yang lain.
Kelompok mempengaruhi pekerjaan sehingga menjadi lebih mudah. (Robert Zajonz:Dimensi-Dimensi Komunikasi) menjelaskan bahwa kehadiran orang lain dianggap menimbulkan efek pembangkit energi pada perilaku individu. Efek ini terjadi pada berbagai situasi sosial, bukan hanya didepan orang yang memotivasi kelompok. Energi yang meningkat akan mempertingi kemungkinan dikeluarkannya respon yang dominan. Respon dominan adalah perilaku yang harus guru kuasai. Bila respon yang dominan itu adalah yang respon yang positif, akan terjadi peningkatan prestasi. Bila respon dominan itu adalah yang negatif, maka akan terjadi penurunan prestasi. Oleh karena itu, peneliti melihat bahwa segala macam aktivitas
kelompok dapat mempertinggi kualitas individu. Sebagaimana motivasi dan pujian yang guru berikan kepada murid akan membantu murid untuk meningkatkan potensi yang dimiliki. Segala respon positif tersebut akan meningkatkan rasa percaya diri balita dan mendorong balita kearah yang lebih baik lagi.
Share this :
0 Komentar
Penulisan markup di komentar