Metode Bermain
Metode bermain adalah metode yang dapat membantu penyaluran kelebihan tenaga untuk memperoleh keseimbangan antara kegiatan dengan menggunakan kekuatan tenaga dan kegiatan yang memerlukan ketenangan.
Kelebihan metode bermain :
a. Siswa lebih senang dan tertarik
b. Dapat diikuti oleh seluruh siswa
c. Meningkatkan keterampilan berhubungan dengan anak lain
d. Guru dapat berinteraksi langsung dengan anak
e. Menyempurnakan keterampilan-keterampilan yang dipelajari f. Guru dapat langsung mengkelompokkan kegiatan bermain
Proses komunikasi yang terjadi dalam metode bermain adalah komunikasi tidak langsung, dengan bermain bersama-sama balita tidak fokus dengan apa yang guru sampaikan. Dengan
bermain, balita akan merasa senang dan riang. Dalam keceriaan permainan balita, disisipkan pelajaran oleh guru agar balita mudah untuk mengerti. Akan tetapi,
metode ini kurang mampu mengendalikan perilaku komunikasi dalam belajar. Mengulas ulang materi dan review dari pesan dari guru sangat diperlukan dalam
metode ini untuk mengetahui sebesar apa balita mampu menangkap pesan saat bermain Karena saat bermain, balita cenderung lebih aktif dengan permainannya sehingga guru tidak dapat melihat secara langsung feedback dari balita. Dalam
metode ini, balita diajak untuk
bermain bersama
memainkan alat peraga sebagai objek
pembelajaran. Pola komunikasi yang terjadi cenderung satu arah karena balita cenderung aktif bermain tanpa menghiraukan pelajaran yang guru sampaikan.
Share this :
0 Komentar
Penulisan markup di komentar