Suryabrata menjelaskan  
fungsi evaluasi hasil belajar meliputi :
1)      Fungsi Psikologis, yaitu agar siswa memperoleh kepastian tentang status di dalam kelasnya. Di samping itu, bagi guru merupakan suatu pertanggungjawaban sampai seberapa jauh usaha mengajamya dikuasai oleh siswa-siswanya.
2)      Fungsi Didaktis,  bagi anak  didik,  keberhasilan  maupun kegagalan  belajar akan berpengaruh besar pada usaha-usaha berikutnya. Sedang bagi pendidik, penilaian hasil  belajar  dapat  menunjukkan  keberhasilan  atau  kegagalan mengajarnya termasuk di dalamnya metode mengajar yang dipergunakan.
3)      Fungsi  Administratif,  dengan  adanya  penilaian  dalam  bentuk  rapor  akan dapat dipenuhi berbagai fungsi administratif yaitu:
·      Merupakan inti laporan kepada orang tua siswa, pejabat, guru dan siswa itu sendiri.
·      Merupakan data bagi siswa apabila ia akan naik kelas, pindah sekolah, maupun untuk melamar  pekerjaan.
·      Dari data tersebut kemudian dapat berfungsi untuk menentukan status anak dalam kelasnya.
·      Memberikan informasi mengenai segala hasil usaha yang telah dilakukan oleh lembaga pendidikan.
Wuradji mengemukakan 
fungsi evaluasi ke dalam tiga golongan yaitu:
1 . Fungsi evaluasi hasil belajar untuk kepentingan murid
·         Untuk mengetahui kemajuan belajar
·         Dapat dipergunakan sebagai dorongan (motivasi) belajar
·         Untuk memberikan pengalaman dalam belajar.
2. Fungsi evaluasi hasil belajar untuk kepentingan pendidik
·         Untuk  menyeleksi  murid  yang  selanjutnya  berguna  untuk  meramalkan keberhasilan studi berikutnya.
·         Untuk mengetahui sebab-sebab kesulitan belajar murid, yang selanjutnya berguna untuk memberikan bimbingan belajar kepada murid.
·         Untuk pedoman mengajar
·         Untuk mengetahui ketepatan metode mengaiar.
·         Untuk  menempatkan  murid  dalam kelas (ranking,  penjurusan,  kelompok belajar dan lainnya).
3.   Fungsi  evaluasi  hasil  belajar  untuk  kepentingan  organisasi  atau  lembaga pendidikan :
·         Untuk mempertahankan standar pendidikan
·         Untuk menilai ketepatan kurikulum yang disediakan
·         Untuk menilai kemajuan sekolah yang bersangkutan.
Menurut 
Thorndike dan Hagen, tujuan dan 
kegunaan penilaian pendidikan dapat diarahkan dalam pengambilan keputusan yang menyangkut:
1 . Pengajaran
2. Hasil belajar
3. Diagnosis danusaha perbaikan
4. Penempatan
5. Seleksi
6. Bimbingan dan konseling
7. Kurikulum
8.Penilaian kelembagaan.
Share this :
 
0 Komentar
Penulisan markup di komentar