Ruang Lingkup Psikologi Pendidikan dan Sumbangan / Peran Psikologi Pendidikan dalam Pendidikan

21.03
Pada dasarnya psikologi pendidikan mempelajari seluruh tingkah laku manusia  yang  terlibat  dalam  proses  pendidikan.  Manusia  yang  terlibat  dalam proses pendidikan  inialah guru  dan siswa,  maka objek  yandibahas dalam psikologi pendidikan adalah tingkah laku siswa  yang berkaitan dengan proses belajar dan tingkah laku guru yang berkaitan dengan proses pembelajaran. Sehingga objek utama yang dibahas dalam psikologi pendidikan adalah masalah belajar dan pembelajaran.
Pendidikan pada hakekatnya adalah suatu pelayanan yang diperuntukkan pada siswa, oleh karena itu dalam psikologi pendidikan juga dibahas aspek-aspek psikis  atau  gejala kejiwaayang  terdapat  pada siswa terutama ketika terlibat dalam proses belajar.
Psikologi Pendidikan sebagai ilmu memberikan sumbangan terhadap pendidikan   secar teoriti maupun   praktis adapun   sumbangan   psikologi pendidikan adalah sebagai berikut :
1. Tiap  tingkat  perkembangan  berbeda  karakteristiknya.  Setiap tingkat perkembangan memiliki karakteristik sendiri-sendiri yang berbeda-beda satu. Sama lain. Apabila seorang guru sudah memahami bahwa pada setiap tingkat perkembangan       karakteristi anak    itu    berbeda,    mak gur dala m menyelesaikan tugas mendidik dan mengajar akan menyesuaikan diri terhadap karakteristik anak didiknya. Dengan demikian pelajaran oleh guru kepada para siswa akan berbeda di tiap-tiap tingkat perkembangan anak
2. Psikologpendidikan memberikan  sumbangan berupa  pemahaman  secara alami aktivitas belajar di ruang kelas.  Psikologi pendidikan memberikan bekal kepada   guru mengenai  proses pembelajaran secara umum di ruang kelas dan mengembangkan teon yang lebih luas lagi di ruang kelas. Keberhasilan guru didalam kelas disebabkan karena guru itu memahami atau mengerti betul
tentang  karakteristik   anak   didiknya Anak  didik      bukan benda tetapi merupakan objek yang memiliki pikiran, perasaan dan kemauan. Oleh karena itu  dalam  kegiatan  pembelajaran  siswa dipandang  sebagasubjek  bukan sebagai objek. Dengan demikian pengetahuan tentang kondisi siswa di dalam kelas mutlak harus dipahami oleh seorang guru.
3. Psikolog pendidikan   memberika pemahama mengenai     perbedaan individual.  Di  dunia  intidak  ada  dua  atau  lebih individu  yang  sama. Demikian pula guru dalam tugasnya akan menghadapi para siswa di dalam kelas dengan berbagai variasi. Dengan demikian guru hendaknya memberikan pelayanan yang berbeda kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya.
4. Psikologi pendidikan juga memberikan pemahaman tentanmetode-metode mengajar yang efektif. Psikologi pendidikan mamberikan pengetahuan tentang cara  mengajar  yang  tepat,  dan mengembangkan  pola  mengajar  dengan strategi-strategi baru. Dengan demikian seorang guru yang telah memahami pengetahuapsikologpendidikan  akan  memahami  metode-metode  mana yang paling efektif dalam pelaksanaan tugas sebagai pendidik dan pengaiar.
5. Psikologi pendidikan memberikan sumbangan kepada guru sehingga mampu memahami problem anak didik dan memahami sebab-sebab timbuInya problem. Masalah, sesungguhnya    berbeda-beda dalam pengatasannya tergantung kepada  tingkat umur, latar belakang sosial ekonomi dan budaya. Pada  akhirnya  dengan  memahami  probleanak  didik  ini  guru  dapat membantu anak mengatasi problemnya.
6. Dengan pengetahuan tentang kesehatan mental dalam psikologi pendidikan, gur akan   dapa memahami   beberapa   faktoyan menjad penyebab timbulnya mental tidak sehat ataupun maladjusmen tsehingga pada akhirnya gurudapat membantu memecahkan masalah yang dialami oleh para siswanya dan mampu mempersiapkan para siswanya sehingga memiliki   mental yang sehat.
7. Penyusunan kurikulum    hendaknya     menggunakan    prinsip-prinsip psikologi. Prinsip ini menyatakan bahwa tiap-tiap tingkat umur berbeda tingkat perkembangannya. Pada setiap tingkat perkembangan, materi yang harus diberikan akan berbeda begitu pula teknik pengajarannya..
8. Pengukuran tentang hasil belajar. Dengan pengetahuan tentang psikologi pendidikan maka guru mampu mendalami hasil belajar siswa, metode proses pembelajaran maupun performance para siswanya.
9. Riset.  Psikologi  pendidikan menolong  di  dalam  pengembangan alat -alat pengukur berbagai variabel yang besar pengaruhnya terhadap perilaku siswa- siswa. Guru dapat mengontrol secara langsung dan meramalkan tingkah laku para siswanya berdasarkan hasil riset tersebut.
10.Bimbingan untuk anak-anak luar biasa. Psikologi pendidikan memberikan sumbangan terhadap cara memberikan layanan kepada anak-anak luar biasa baik di atas normal maupun di bawah normal. Pengetahuan psikologi pendidikan sangat diperlukan untuk memberikan layanan kepada anak-anak yang genius maupun anak di bawah normal.
11.Pemahaman tentang dinamika kelompok. Dalam psikologi pendidikan dikembangkan pula pengetahuan tentang dinamika kelompok. Seorang guru harus mampu memahami dinamika kelompok siswa di dalam kelas beserta kegiatannya secara total karena hal tersebut memiliki pengaruh yang besar terhadap keberhasilan proses



Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔