Hukum-hukum dasar (hukum primer) tingkah laku dan belajar dari Thorndike

12.23


Thorndike merumuskan hasil eksperimennya ke dalam tiga hukum dasar (hukum primer) dan lima hukum tambahan. Adapun hukum dasar dari Thorndikeadalah sebagai berikut :
a.       Bila seseorang telah siap melakukan sesuatu tingkah laku,dan pelaksanaan tingkah lakutersebut memberi kepuasan baginya, maka ia tidak melakukan tingkah  laku  lain  karena  tingkah  laku  tersebut  telah  memberi  kepuasan baginya. Contoh : Seseorang yang sudah benar-benar siap untuk menempuh ujian, maka dia sangat puas bila   ujian tersebut benar-benar dilakukan. Dia akan mantap dan tegang selama mengerjakan ujian, dan tidak berusaha untuk menyontek.
b.      Bila seseorang sudah siap melakukan suatu tingkah laku, tetapi tidak dilakukan tingkah laku tersebut, maka akan timbul kekecewaan baginya sehingga menyebabkan dilakukannya tingkah laku lain untuk mengurangi kekecewaannya. Contoh : Seseorang yang sudah belajar tekun sehingga benar- benar siap untuk ujian tetapi jadwal ujian tiba-tiba diundur, maka dia sangat kecewa.  Untuk  mengurangi  kekecewaanya,  dia  membuat  gadudi  dalam kelas, atau protes.
c.       Bila seseorang belum siap melakukan tingkah laku tetapi ia harus melakukannya,  makdilaksanakannya  tingkah  laku  tersebut  akan menimbulkan ketidak puasan, sehingga ia melakukan tingkah lakulain untuk menghalangi terlaksananya tingkah laku tersebut. Contoh : peserta didik yang tiba-tiba  diberi  tes  atau  ulangatanpa  diberi  tahu  terlebidahulu,  maka mereka protes supaya tes dibatalkan, karena mereka belum siap.
d.      Bila seseorang belum siap melakukan suatu tingkah laku maka tidak dilakukannya tingkah lakutersebut akan menimbulkan kepuasan. Contoh : Peserta didimenjadi sangat  puas dan lega setelah ada pengumuman bila ulangadiundur  satu  minggu,  karena  dia  belum  merasa  belajar  sehingga belum siap untuk menempuh ulangan


Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔