Pentingnaya merumuskan masa depan bagi masyarakat atau bagi kelompok yang terlibat konflik

10.13


Merumuskan masa depan merupakan bagian penting dari upaya meningkatkan kualitas hidu dan kesejahteraan dengan aman dan damai. Menentukan tujuan dan harapan masa depan  sangapenting bagi masyarakat  atau bagi kelompok-kelompok yang terlibat dalam konflik. Hal ini diperlukan untuk membuka dan menata kehidupan yang lebih baik setelah mengalami perselisihan. Pentingnya menggagas masa depan atau yang dikenal dengan istilah visioning untuk menentukan cita-cita dan arah perubahan yang ingin dicapai dalam jangka panjang bukan sifatnya temporal. Perumusan arah atau masa depan masyarakat menjadi tanggung jawab bersama sebagai acuan dalam menata kembali hubungan, perilaku, dantindakan yang telah terganggu akibat perbedaan pandangan atau konflik yang berkepanjangan.

Visi sangat penting untuk memandu masyarakat dalam menentukan tindakan yang akan dilakukan untuk memperbaiki situasi yang tidak nyaman akibat konflik yang dialaminya. Visi jugamemberikan inpirasi bagi masyarakat atau pihak-pihak yang berkonflikuntuk menangani berbagai persoalan dalam masyarakat sangat ditentukan oleh kesamaan pandangan tentang tujuan dan kebutuhan yang hendak dicapai. Visi merupakan panduan bagi fasilitator dan pemangku kepentingan dalam melihat harapan dan tindakan yang akan dirumuskan bersama danmenyeluruh. Namun pada tahap selanjutnya diformulasikan dalam kesepahaman bersama tentang tujuan dan hasil akhir yang ingin dicapai dalam rangka membangun situasi yang lebih baik dan kondusif.

Topik ini akan memberikan pengalaman kepada fasilitator pendamping khususnya dalam meningkatkan kapasitas danpartisipasi masyarakat dalam merumuskan visi dengan menunjukkan  pentingnya  suatu  rencana  masa  depadan  bagaimana  membangun kebersamaan serta pemahaman tentang masa depan itu dengan cara yang lebih baik. Perumusan visi mempertimbangkan berbagai situasi dan hasil analisis yang telah dilakukan sebelumnya.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔