Peningkatan pengetahuan dan pemahaman nilai- nilai karakter yang terintegrasi dalam manajemen sekolah

00.37



a.   Penugasan kepada  warga  sekolah  untuk  melakukan kajian-kajian ajaran agama dalam bentuk penelitian, penulisan karya ilmiah, dan sebagainya.
bPengirimawarga  sekolah  ke  perguruan  keagamaan untuk belajar dan mendalami nilai-nilai karakter.
c.    Sekolah memiliki perangkat instrumen yang disusun dan dikembangkan berdasarkan pada pengetahuan dan pemahaman  nilai-nilai  karakter  pengetahuan  moral, untuk dipakai sebagai acuan sekolah dalam menilai pemahaman karakter tersebut dan untuk menilai kijerja (DP3)bagi warganya;
d.  Sekolah  mengadakan  seminaatau  workshop yang menghadirkan nara sumber praktisi atau pemuka agama yang dipandang telah melaksanakan nilai-nilai karakter denga baik   ata sebaga oran yan memiliki pengetahuan lebih.
e.    Sekolah memiliki referensi, panduan, tata  tertib, dan lain-lain yang mengandung nilai-nilai karakter pengetahuan moral.
f.    Sekolah  mengadakan  kegiatan-kegiatan  yan tepat untuk warga sekolah dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang nilai-nilai moral terhadap dirinya seperti: reflektif, percaya diri, rasional, logis, kritis, analitis, kreatif dan inovatif, mandiri, hidup sehat, bertanggung jawab, cinta ilmu, sabar, berhati- hati, rela berkorban, pemberani, dapat dipercaya, jujur, menepati janji, adil, rendah hati, malu berbuat salah, pemaaf, berhati lembut, setia, bekerja keras, tekun, ulet/gigih, teliti, berpikir positif, disiplin, antisipatif, inisiatif, visioner, bersahaja, bersemangat, dinamis, hemat/efisien, menghargai waktu, pengabdian/dedikatif, pengendalian diri, produktif, ramah, cinta keindahan (estetis), sportif, tabah, terbuka, dan tertib.

g.   Sekolah mengadakan kegiatan yang sesuai untuk warga sekolah dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang nilai-nilai moral terhadap sesama seperti  taat  pada  peraturan,  toleran,  peduli, kebersamaan  (kooperatif),  demokratis,  apresiatif, santun, bertanggung jawab, menghormati orang lain, menyayangi orang lain, pemurah dandermawan, mengajak berbuat baik, berbaik sangka, empati, dan konstruktif.
h.   Sekolah  mengadakan  kegiatan  untuk  warga  sekolah dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang nilai-nilai moral terhadap kebangsaan yaitu: taat peraturan pemerintah, toleran antar umat beragama-suku-ras-lainnya, peduli sesama manusia yang berbeda agama-suku-ras, kebersamaan (kooperatif), demokratis, apresiatif, santun, bertanggung jawab,   konstruktif nasionalis,   loyal,   komit relaberkorban,  cinta  tanah  air,  bela  negara,dan  lain-lain untuk berbakti pada bangsa dan negara.
i.    Sekola melaksanakan  evaluasi  pemahaman   atau pengetahuan yang mengandung nilai-nilai karakter pengetahuan moral     untuk mengetahui tingkat pemahaman karakter tersebut. Hal ini diharapkan menjadi budaya sekolah dalam membina warganya tentang pemahaman nilai-nilai karakter ini;


Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔