Pengertianpenyakt Sifilis dan Statium-stadium penyakit Sifilis

02.42

Sifilis adalah suatu penyakit kelamin yang disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum, bentuknya sangat kecil. Bakteri tersebut umumnya hidup di mukosa (saluran)genetalia, rektum, dan mulut yanghangat dan basah. Bakteri penyebab sifilis dapat ditularkan dari satu orang ke orang yang lain melalui hubungan genito-genital (kelamin-kelamin) maupun oro-genital (seks oral). Sifilis tidak ditularkan tanpa hubungan seksual, apalagi melalui benda mati seperti misalnya bangku, tempat duduk toilet,handuk, gelas, atau benda-benda lain yang bekas digunakan atau dipakai oleh pengindap. 

Sifilis merupakan penyakit kronis yang berkembang lewat beberapa stadium. Gambaran klinis: 

1. Sifilis primer, tanda klinis yang pertama muncul adalah tukak, dapat  terjadi di  mana  saja  di  daerah  genitalia  eksterna,  3 minggu setelah kontak. Lesi dapat khas, akan tetapi dapat juga tidak khas. Jumlah tukak biasanya hanya satu, meskipun dapat juga multipel.   Lesi   awal   biasanya   berupa   papul  yang mengalami erosi, teraba keras karena terdapat indurasi. Permukaan dapat tertutup krustadan terjadi ulserasi. 
2.Sifilis  sekunder,  berupa  berbagai  ruam  pada  kulit,  selaput lendir, dan organ tubuh. Dapat disertai demam, malaise. Juga adanya kelainan kulit dan selaput lendir dapat diduga sifilis sekunder. 
3.Sifilis latenmerupakan stadium sifilis tanpa gejala klinis, akan tetapi pemeriksaan serologis reaktif. Dalam perjalanan penyakit sifilis selalu melalui tingkat laten, selama bertahun-tahun atau seumur hidup. Diagnosissifilis laten ditegakkan setelah diperoleh anamnesis yang jelas, hasil pemeriksaan fisik yang menunjukkan adanya kelainanyang awal mulanyadi sebabkan oleh sifilis
4.Sifilis lanjut berupa endorteritis obliterans pada bagian ujung arterio  dan   pembuluh   darah   kecil   yang   menyebabkan peradangan dan nekrosis.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔