Pemantauan perkembangan psikomotor anak sangat penting untuk mengetahui penyimpangan secaradini shingga upayapencegahan, upayastimulasi dan upaya penyembuhan serta pemulihan dalam pelayanan kesehatan anakdapat dioptimalkan. Upaya tersebut dilakukan sesuai dengan umur perkembangan anak sehingga tercapai kondisi optimal. Pada umumnya terdapat pola-pola tertentu dlam perkembangan anak. Namun pada hakekatnya perkembangan anak adalah bersifat individual akibatnya tidak mungkin untuk mengukur perkembangan anak secara keseluruhan yang dapat diukur hanyalah gejala atau tanda-tanda tertentu dsri perkembangannya atau secara umum (Satoto cit Eviana, 1998)
Kegiatan pemantauan perkembangan psikomotor anakterutama perkembangan motorik dapat dilakukan di pusat pelayanan kesehatan, sekolahdan lingkungan keluarga. Pemantauan yang dilakukan di sekolah misalnya menggunakan metode skriningperkembangan menurut Denver II (Denver Development Screening Test / DDST). Pemantauan yang dilakukan di lingkungan keluarga dan posyandu misalnya menggunakan kartu perkembangan anak dan gerakan bina keluarga balita.
0 Komentar
Penulisan markup di komentar