Dalam melaksanakan program tanggung jawab sosial ada beberapa pihak yang keberadaannya harus dipertimbangkan oleh perusahaan yaitu: Pelanggan (Customers), Pekerja (Employees), Pemegang saham (Stockholders), Kreditur (Creditors), Masyarakat (Communities)
v Tanggungjawab Sosial Kepada Pelanggan (Sosial Responsibility To Customer)
1. Bagaimana memastikan tanggungjawab bisnis :
· Tetapkan kode etika.
· Monitor keluhan pelanggan.
· Memperoleh umpan balik pelanggan
2. Bagaimana memastikan tanggungjawab pemerintah :
· Peraturan Keamanan Produk.
· Peraturan Periklanan.
· Peraturan Persaingan Industri.
v Tanggungjawab Sosial Kepada Pekerja (Sosial Responsibility To Employees)
1. Keamanan Pekerja (Employee Safety)
Memastikan Tempat kerja yang aman bagi pekerja
2. Perlakuan pekerja
Memastikan tidak ada diskriminasi
3. Kesamaan kesempatan (Equal Opportunity) Kesamaan Kesempatan/Hak sipil
4. Bagaimana memastikan tanggung jawab Bisnis :
· Keluhan Prosedur
· Kode etik
· UU Ketenaga kerjaan
v Tanggungjawab Sosial Kepada Kreditor (Sosial Responsibility To Creditors)
1. Kewajiban Keuangan
2. Informasikan kreditur jika mempunyai permasalahan keuangan
v Tanggungjawab Sosial Kepada Lingkungan (Sosial Responsibility To The Environment)
1. Pencegahan polusi udara:
· Peninjauan kembali proses produksi
· Petunjuk penyelenggaraan pemerintah
2. Pencegahan polusi daratan:
· Peninjauan kembali proses produksi dan pengemasan
· Menyimpan danmengirim barang sisa beracun ke lokasi pembuangan
v Tanggungjawab Sosial Kepada Masyarakat (Sosial Responsibility To Community)
1. Menjadi sponsor peristiwa atau event masyarakat lokal
2. Memberikan sumbangkan kepada masyarakat tidak mampu
0 Komentar
Penulisan markup di komentar