Kelainan/Gangguan pada penglihatan/mata manusia dan Penyebabnya

22.55


1.    Mata hipermetrop (rabun dekat), merupakan cacat mata yang disebabkan oleh lensa mata terlalu pipih atau bola mata terlalu pendek  sehingga  penderita  tidak  dapat  melihat  benda  dalam jarak dekat dengan jelas (terlihatkabur) karena bayanganjatuh di belakang retina. Penderita hipermetrop dapat dibantu dengan kaca mata yang menggunakan lensa cembung (positif) karena lensa cembung dapat   memperpendek   jatuhnya   bayangan,
2.    Mata miop (rabun jauh), merupakan cacat mata yang disebabkan oleh lensa mata terlalu cembung atau bola mata terlalu panjang sehingga penderita tidak dapat melihat benda dalam jarak jauh dengan jelas (terlihat kabur) karena bayangan jatuh di depan retina. Kelainan ini dapat dikoreksidengan menggunakan lensa negatif atau cekung sehingga bayangan dapat tepat jatuh pada retina.
3.    Mata presbiop, merupakan cacat mata yang disebabkan lensa kehilangan elastisitasnya, karena bertambahnya usia seseorang sehingga lensa mata kurang dapat berakomodasi. Cacat mata presbiop pada umumnya terdapat pada orang-orang yang lanjut usia (tua). Pada umumnya mereka dapat melihat jelas bila obyeknya jauh, sedangkan untuk melihatobyek yang dekat perlu bantuan kaca mata denganlensa cembung (positif).
4.    Mata astigmat, karena kornea mata tidak rata sehingga cahaya sejajar yang masuk matatidak dapat difokuskanpada satu titik. Astigmat  teratur   dan   tidak   teratur.   Astigmat  teratur   dapat dikoreksi dengan lensa silindris, sedangkan astigmat tidak tetatur tidak dapat dikoreksi.
5.    Buta   warna,   merupakan   penyakit   keturunan.   Mata   normal memiliki 3 macam selkonus yang bekerja dengan baik disebut mata trikromat. Bila satu macam atau lebih sel konus tidak berfungsi, maka menyebabkan buta warna. Buta warna dikromat, bila memiliki 2 sel konus. Dengan demikian, buta warna merah (protanopia), hijau (deuteranopia), biru (tritanopia). Matamonokromat jika hanya memilikisatu macam sel konus yang normal. Hanya dapat membedakan warna hitam dan putih.
6.    Rabun senja karena kekurangan vitamin A.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔