Fungsi Nilai-nilai Agama dalam berbagai kehidupan berbangsa, bernegara

22.36




Agama diharapkan mampu untuk mengatasi masalah subtansial meluasnya kemiskinan, busung lapar, pengangguran, wabah penyakit, meningkatnya angka bunuh diri di kalangan anak-anak, kekerasan terhadap anak dan segala permasalahan yang dihadapi bangsa.
Agama juga diharapkan mampu memberikan kontribusi untuk meredam kebringasan demonstrasi buruh pada tanggal 3 Mei 2006 yang berakhir anarkhis dengan merusak pagar jembatan tol dan pagar Gedung DPR RI yang menyebabkan kerugian Jasa Marga dan Pemerintah lebih dari satu mliyard empat ratus juta rupiah. Agama juga diharapkan bisameredam kebringasan demonstran yang anarkhis dengan membakar Pendopa Kabupaten Tuban. Namun kenyataannya agama (orang  yang  beragama)  hanya  sebagai  ageman  (pakaian)  yang  tidak merubah nurani manusia untuk bertingkah laku sesuai dengan nurani dan budi pekerti luhur sehingga manusiaberagama tampil arogan distruktif dan anarkhis.
Nilai-nilai agama diharapkan mampu memberikan jaminan bagi hak-hak sipil  dan  seluruh  warga  bangsa, namun  kenyataannya  hak  untuk  menjalankan agama dan kepercayaan tanpa halangan terkendala, banyak tempat ibadah ditutup dengan dikeluarkannya SKB2 Mentri pada tahun 2006 dengan alasan tidak memenuhi kuota anggotanya dan meresahkan masyarakat. Menurut Dawan Raharjo, negara seharusnya tidak membiarkan teror hidup di Indonesai dan sebaliknya  negarharus  melindungi  hak  sipil  khususnya  dalam  menjalankan ibadah agamanya. Pelanggaran terhadap hak sipil yang bersumber pada hak asasi manusia adalah kejahatan.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔