Ringkasan/Rangkuman Teori-Teori Perkembangan Menurut Para Ahli

11.05
Teori dalam Perkembangan Anak Menurut Para Ahli antara lain :
1. Psikoanalisis ( Freud ):
Kepribadian terdiri dari 3 struktur yaitu id, ego dan su­per ego.
Kebanyakan pemikiran anak anak bersifat tidak disadari.
Tuntutan struktur kepribadian yang saling berhubungan menyebabkan kecemasan.
Mekanisme pertahanan, khusunya represi, melindungi ego dan mengurangi kecemasan.
Masalah berkembang karena pengalaman masa anak-anak.
Individu melalui 5 tahap perkembangan psikoseksual, yaitu oral anal phallic latency danmgenital.
Selama masa phalic, oedipus complex merupakan sum­ber utama konflik.
2. Psikososial (Erikson ) :
menekankan pada 8 tahap perkembangan psikososial, yaitu :
Trust vs mistrust ( 0 – 1 tahun )
• Autonomy vs shame and doubt ( 1 – 3 tahun )
• Initiative vs guilty ( 3 -5 tahun / pra sekolah )
• Industry vs inferiority ( 6 – 11 tahun / masa sekolah )
• Identity vs identity confusion ( 12 – 18 / masa remaja )
• Intimacy vs isolation ( 18 – 40 / masa dewasa dini )
• Generativity vs stagnan ( 40 – 60 tahun / masa dewasa madya )
• Ego integrity vs despair ( > 60 th / dewasa lanjut )
3. Teori Kognitif ( Piaget )
• Individu termotivasi untuk memahami dunia, dengan menggunakan proses perngorganisasian dan penye­suaian diri ( asimilasi dan akomodasi).
• Individu melampaui 4 tahap perkembangan kognitif , sensori motor, pra operasional, operasional konkrit dan formal.
4. Teori Perilaku dan Belajar Sosial ( Skinner dan Ban­dura )
• Skinner : Pakar teori behaviorist ( teori perilaku ), perkembangan adalah perilaku yang diminati, ditentu­kan / dipengaruhi oleh adanya hadiah dan hukuman dalam lingkungan.
• Bandura : Teori social learning ( belajar sosial ), lingkun­gan adalah faktor penting yang mempengaruhi perilaku , meskipun proses kognitif juga tidak kalah pentingnya manusia memiliki kemampuan untuk mengendalikan polanya sendiri.
5. Teori Etologis ( Konrad Lorenz )
Etologi menekankan landasan biologis, dan evolusioner perkembangan. Penamaan ( imprinting ) dan periode penting ( critical period ) merupakan konsep kunci.
6. Teori Ekologi ( Bronfen – Brenner )
Ada 5 sistem linkungan yang penting :
• Mikrosistem ( keluarga, peer group, sekolah , misal : penaruh pola asuh terhadap perilaku ).
• Mesosistem ( antara bebeapa mikrosistem, misal : anak yang ditolak keluarga akan berpengaruh pada hub guru ).
• Eksosistem ( Pengalaman dari setting social tertenut, misal pengalaman / tuntutan kerja terhadap suami – is­teri dan anak).
• Kronosistem ( pemolaan – peristiwa dan keadaan sosio-historis, mis: efek perceraian terhadap anak ).

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔