Pengertian , Unsur Komunikasi dan Tujuan Komunikasi

17.17
Secara etimologis istilah komunikasiberpangkal pada perkataan latin Communis yang artinya membuat kebersamaan atau membangun kebersamaan antara dua orang atau lebih. Komunikasi juga berasal dari akar kata dalam bahasa Latin Communico yang artinya membagi. Menurut Harold D Laswell mengungkapkan sebuah defenisi singkat tentang komunikasiyaitu cara yang tepat untuk menerangkan suatu tindakan komunikasi dengan menjawab pertanyaan ”Siapa yang menyampaikan, apa yang disampaikan, melalui saluran apa, kepada siapa dan apa pengaruhnya”. Berdasarkan defenisi diatas dapat dikemukakan bahwa komunikasiantarmanusia hanya bisa terjadi, jika ada seseorang yang menyampaikan pesan kepada orang lain dengan tujuan tertentu artinya komunikasi hanya bisa terjadi kalau didukung oleh unsur-unsur atau disebut juga komponen atau elemen komunikasiantara lain:
1. Unsur  Sumber
Sumber adalah pengirim atau pembuat informasi atau komunikator. Dalam komunikasi antar manusia sumber bisa terdiri dari satu orang, tetapi bisa juga dalam bentuk kelompok misalnya partai, organisasi atau lembaga.
2. Unsur  Pesan
Yang dimaksud dengan pesan adalah sesuatu yang disampaikan pengirim kepada penerima. Pesan dapat disampaikan dengan cara tatap muka atau melalui media melalui media komunikasi. Isinya bisa berupa ilmu pengetahuan, hiburan, informasi, nasehat atau propaganda, sedangkan jenis pesan yang disampaikan adalah: informational message (pesan yang mengandung informasi), instructional message (pesan yang mengandung perintah) , motivational message (pesan yang berusaha mendorong)
3. Unsur  Media
Media disini adalah alat yang digunakan untuk memindahkan pesan dari sumber kepada penerima, media bisa bermacam-macam bentuknya dalam komunikasiantar manusia pancaindra dianggap sebagai media komunikasi.
4. Unsur  Penerima
Sering disebut sebagai komunikan yaitu pihak yang menjadi sasaran pesan yang dikirim oleh sumber. Penerima bisa terdiri dari satu orang (saya dengan Anda), satu orang dengan banyak orang (guru dengan satu kelas siswa), bisa dalam bentuk kelompok, partai atau negara.
5. Unsur  Pengaruh
Pengaruh atau efek adalah perbedaan antara apa yang dipikirkan, dirasakan, dan dilakukan oleh penerima sebelum dan sesudah menerima pesan. Pengaruh itu bisa berupa pengetahuan, perubahan sikap dan tingkah laku seseorang.
6. Unsur  Tanggapan balik
Umpan balik bisa berasal dari pesan dan media suatu komunikasi, umpan balik disini terjadi jika ada gangguan saat komunikasi disampaikan. Pada umumnya komunikasi dapat mempunyai beberapa tujuan antara lain:
1. Supaya yang kita sampaikan itu dapat dimengerti oleh karenanya seorang
komunikator harus menjelaskan kepada komunikan (penerima) dengan sebaikbaiknya dan tuntas sehingga mereka dapat mengerti dan mengikuti apa yang kita maksudkan.
2. Memahami orang lain
3. Supaya gagasan dapat diterima orang lain, agar gagasan dapat diterima orang lain maka diperlukan pendekatan persuasif bukan dengan memaksakan kehendak.


4. Menggerakkan orang lain untuk melakukan sesuatu.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔