PENGERTIAN MANUSIA SEBAGAI MAKLUK INDIVIDU

20.11


Pengertian manusia sebagai makhluk individu mengarahkepada karakteristik khasyang dimiliki manusia sebagai makhluk hidup yang membedakan dirinya  dengan makhluk hidup  yang  lain,  serta  dengan manusia yang lain. Karakter khas yang dimiliki setiap manusia, dan berbeda dengan manusia yang lain ini meiliputi fisik, kepribadian, yaitu sifat khas yang dimiliki seseorang, sifat, sikap, temperamen, watak (karakter), tipe, dan minat. Dalam hal tertentu, setiap manusia adalah sama seperti semua manusia yang lain, sama seperti beberapa manusia lain dan berbeda dengan manusia lain.
Bilamana diperhatikan, dalam kondisi normalkelengkapan fisik danfungsinya dari setiap manusia adalah sama, diantaranya setiap manusia   mempunyai hidung,   mulut,   telinga,   rambut,   mata   dan sebagainya. Namun diketahuipula bahwa hidung,mulut, telinga, rambut, mata setiap manusia berbeda,walaupun yang bersangkutan adalah bersaudara kandung atau saudarakembar sekalipun.
Demikian  halnya  dengan  kepribadian,  ditinjau  dari  segi  fisik, masih sering ditemukan adanya kesamaan antar manusia, tetapi dari kepribadian, tidak ada manusia yang mempunyai kepribadian sama, walaupun yang bersangkutan dilahirkan kembar.
Keberbedaan  yang dimiliki   oleh   setiap   manusia menjadi kekhasan yang melekat pada diri manusia yang bersangkutan, dan menjadi identitas dari yang bersangkutan, serta yang membedakan denganmanusia yang lainnya.Karakter yang khas ini mempengaruhi kebutuhan manusia dan cara-cara yang dilakukanmanusia dalam memenuhi kebutuhannya.
Kharakteristik khas ini dimiliki oleh setiap manusia, tetapi tiap manusia memilikikekhasan yang berbeda. Misalnya saja, setiap manusia membutuhkan makanan, tetapi tidak setiap manusia memerlukan nasi untuk memenuhi kebutuhan makanannya, karena ada manusia makanannya dari roti, sagu, dan jagung, bahkan dari umbi-umbian. Demikian halnya dengan jumlahnya. Coba perhatikan teman-teman kita, apakah ada perbedaan banyaknya makan? Inilah yang menyebabkan manusia itu dikategorikan sebagai makluk individu.
Sebagai makhluk individu, manusia mempunyai keinginan, kebutuhan, kebiasaan, cita-cita yang berbeda antara satu dengan yang lainnya, walaupun mereka saudara kandung, bertempattinggal di lokasi yang sama, dan tidur atau sekolahdi tempat yang sama. Oleh karena itu, mereka mempunyai kebiasaan, keinginan, kebutuhan,serta sikap dan perilaku yang berbeda dengankita dalam suatu hal, tetapisama dalam hal yan.glain

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔