Perilaku berkelompok sebagai kebutuhan manusia

06.15






Berkelompok dalam kehidupanmanusia juga merupakansuatu kebutuhan yang  harus  dipenuhi. Beberapa kebutuhan hidup  manusia yang dapat dipenuhi melalui kehidupan berkelompok antara lain: komunikasi, keamanan, ketertiban, keadilan,kerjasama, dan untuk mendapatkan kesejahteraan.Kehidupan berkelompokmanusia tercermin dalam berbagai bentuk, mulai dari kelompok yang terorganisir maupun yang tidak terorganisir.

Kehendak untuk hidupberkelompok pada diri manusia merupakan suatu perilaku yang lahir secara spontan,relatif tidak terorganisasi, dan hampir tidak diduga sebelumnya, proses kelanjutannya tidak terencana, dan hanya tergantung kepada stimulasi timbal balik yang muncul dika- langan para pelakunya. Terhadap pernyataan ini, sering ditemukan adanya pengelompokkan manusia yang semula teraturdan tertib, tiba-tiba berubah tanpa rencana, tanpa sebab, dan tanpa arah menjadi kerumunan yang menimbulkan kekacauan sosial dan peng- rusakan. Seperti kasus demonstrasi, suporter sepakbola, dan tawuran yang sering terjadi di kalanganpelajar atau masyarakatbaik di Indonesia maupun di negara-negara diluar Indonesia.

Perilaku berkelompok (perilaku kolektif)pada manusia karena terjadi melalui proses belajar menyebabkan munculnya beragamjenis, diantaranya:  perilaku  kerumunan  (crowd),  perilaku  massa,  gerakan sosial, perilaku dalam bencana,gerombolon, kericuhan (panics), desas- desus, keranjingan, gaya (fad), model (fashions), propaganda, pendapat umum, dan revolusi.


Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔