Penyebab-penyebab Penyumbatan Pembuluh Darah

06.05

Penyumbatan pembuluh darah disebabkan gumpalan darah yang terbentuk   oleh   adanya   fibrin.   Penebalan   dan   pengerasan pembuluh darah yang dikenal dalam istilahkedokteran sebagai arteriosclerosis. Penyempitan pembuluh darahtersebut dapat disebabkan  oleh  banyak  hal,  dan  beberapa  diantaranya  sama sekalitidak dapat dihindarkan manusia, misalnya, keturunan, usia, hormon, luka pembuluh darah, fungsi hati dan infeksi. Tetapi ada beberapa   penyebabnya   yang   dapat   dihindarkan,   misalnya makanan berkolesterol tinggi, serum lipid, tekanan darah tinggi, ketegangan, tubuh yang terlalu gemuk, merokok dan kurangnya aktifitas tubuh. Penyempitan pembuluh darah koroner menyebabkan penyakit jantung yang terkenal ialah yang disebut dengan “thrombosis koroner”.
Bagaimana penyakit ini bisa terjadi?Ternyata di samping jantung memompa darah ke  seluruh otot-otot dalam tubuh, jantungpun mengirim darah ke dindingotot jantung melaluijaringan arteri- arteri yang dibentuk oleh dua pembuluh darah koroner utama yaitu pembuluh darah koroner kanan dan pembuluh darah koroner kiri. Lapisan paling dalam dari suatu arteri yang disebut “intima” dapat menebal oleh sebab usia, sama seperti karat yang dapat timbul dalam pipa besi yang tua.
Mudahdimengerti bahwa bila timbul penyempitan pembuluh darahakibat arteriosklerosis, akan mengurangi darah melalui pembuluh darah tersebut. Hal inidapat menyebabkan iritasipada intima yang mengakibatkan luka, yang disebut athermata. Luka ini cenderung untuk membentuk penggumpalan darah yang disebut thrombus, yang  dapat  menyumbat pembuluh  darah  jantung  yang  sempit. Apabila hal ini terjadi, jantungakan kembali lemah ataupun darah dapat berhenti bekerja secara mendadak. Kemudian timbullah serangan jantung,atau thrombosis koroner, sebagaiakibat daripada penyumbatan salah satu pembuluh darahkoroner oleh sebuah gumpalan darah tersebut. Tidak heran Anda sering mendengar seseorang yang meninggal secara mendadak pada saat melakukankegiatannya sehari-hari.
Bagaimana serangan penyakitjantung tersebut dapat dihindarkan atau paling sedikit dikurangi? Ternyata, apakah penyempitan pembuluh darah tersebutdisebabkan oleh faktor yang dapat dihindarkan atau tidak, olahragaatau gerak badan dapat mengurangi Anda dari risiko mendapatkan penyakit jantung. Mengapa? Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa olahraga menyebabkan terbukanya lebih banyak pembuluh darah. Bahkan bila kita berolahraga dalam waktu yang lama, saluran darah tambahan dapat terbentuk di dalam jantung. Pembuluh darah koroner  akan  berkembang  ukurannya,  dan  di  sekitar  tempat dimana terjadi penyumbatan akan bertumbuh jalanan pembuluh baru untuk mengalirkan darah. Aliran darah baru tersebut jantung tetap mendapatkan oksigen hingga warnanya tetap merah jambu. Untuk timbulnya pengaliran pembuluhdarah yang baru tersebut, diperlukan waktu dan kesabaran. Olahraga yang dimulai dengan sederhana, makin lama makin banyak,memungkinkan hal tersebut dapat terjadi. Satu hal penting yang perlu diingat ialah, olahraga tidak membuka arteri yang tersumbat, tetapi sekedar membuka jalan pembuluh darah baru disekitar penyumbatan tersebut. Hanyalah dengan memilih makanandengan hati-hati seseorang dapat membuka penyumbatan pembuluh darah tersebut, atau dengan pembedahan. Sebab itu untuk memelihara jantung yang baik,  diperlukan dua  hal  yang penting,yaitu memilih makanan yang tepat dan gerak badan yang teratur.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔