Penyebab-penyebab Kecelakaan Kerja Secara Umum

08.03

Terjadinya kecelakaan kerjadisebabkan oleh kedua faktor utama yakni faktor fisik dan faktor manusia. Oleh sebab itu, kecelakaan kerja juga merupakan bagian dari kesehatan kerja. Kecelakaan kerja adalah kejadian yang tidak terduga dan tidak diharapkan akibat dari kerja. Sumakmur membuat batasan bahwa kecelakan kerja adalah suatu kecelakaanyang berkaitan  denganhubungan  kerja  dengan  perusahaan.
Hubungan kerja atau pada waktu melaksanakan pekerjaan. Oleh sebabitu, kecelakaan akibat kerja ini mencakup dua permasalahan pokok, yakni:
1.  Kecelakaan adalahakibat langsung pekerjaan.
2.  Kecelakaan terjadipada saat pekerjaansedang dilakukan. 

Dalam  perkembangan  selanjutnya  ruang  lingkup  kecelakaan  ini diperluas lagi sehingga mencakupkecelakaankecelakaan tenaga kerja yang terjadipada saat perjalanan atau transpor ke dan dari tempat kerja. Dengan kata lain kecelakaan lalu lintas yang menimpa tenaga kerja dalam perjalanan ke dan dari tempat kerja atau dalam rangka menjalankan pekerjaannya juga termasuk kecelakaan kerja. 

Penyebab kecelakaan kerja pada umumnya digolongkan menjadi dua, yakni:
1.  Perilaku   pekerja   itu   sendiri   (faktor   manusia),   yang   tidak memenuhi keselamatan,    misalnya:    karena    kelengahan, kecerobohan,  ngantuk,  kelelahan,  dan  sebagainya.  Menurut hasil penelitian yang ada, 85% dari kecelakaan yang terjadi disebabkan karena faktormanusia ini.
2. Kondisi-kondisi lingkungan pekerjaanyang tidak aman atau “unsafety condition”, misalnya:lantai licin, pencahyaan kurang, silau, mesin yang terbuka,dan sebagainya.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔