Pengertian & Peranan Epidemiologi bagi Kehidupan Manusia

01.10

Padamulanya epidemiologi diartikan sebagai studi tentangepidemi. Hal  ini  berarti  bahwa  epidemiologi hanya  mempelajari penyakit- penyakit menular saja tetapi dalam perkembangan selanjutnya epidemiologi jugamempelajari penyakit-penyakit noninfeksi, sehingga  dewasa  ini  epidemiologi dapat  diartikan  sebagai  studi tentang penyebaran penyakit pada manusia di dalam konteks lingkungannya.
Mencakup juga studi tentangpola-pola penyakitserta pencarian determinan-determinan   penyakit   tersebut.   Dapat   disimpulkan bahwa epidemiologi adalah ilmu yang mmepelajari tentang penyebaran penyakit serta determinan-determinan yang mempengaruhi penyakit tersebut.

Di dalam batasanepidemiologi ini sekurang-kurangnya mencakup 3 elemen, yakni:
1.  Mencakup semua penyakit. Epidemiologi mempelajari semua penyakit, baik penyakitinfeksi maupun penyakit noninfeksi, seperti        kanker,    penyakit    kekurangan    gizi    (malnutrisi), kecelakaan lalu lintas maupun kecelakaan kerja, sakit jiwa dan sebagainya. Bahkandi  negara-negara maju, epidemiologi ini mencakup juga kegiatan pelayanankesehatan.
2. Populasi. Apabila kedokteran klinikberorientasi pada gambaran- gambaran dari penyakit-penyakit individu,maka epidemiologi ini memusatkan   perhatiannya   pada   distribusi   penyakit   pada populasi (masyarakat) atau kelompok.
3.  Pendekatan ekologi.Frekuensi dan distribusi penyakit dikaji dari latar belakang pada keseluruhan lingkungan manusiabaik lingkungan  fisik,  biologis,  maupun  sosial.  Hal  inilah  yang dimaksud   pendekatan   ekologis.   Terjadinya   penyakit   pada seseorang dikaji dari manusiadan total lingkungannya.

Kegunaan dan  peranan epidemiologi, khususnya dalam  konteks program Kesehatan dan Keluarga Berencana adalah sebagai alat (tool) dan sebagai metode atau pendekatan. Epidemiologi sebagai alat diartikan bahwa dalam melihat suatu masalah KB-Kes selalu mempertanyakan siapa yang terkena masalah, di mana dan bagaimana penyebaran masalah,serta kapan penyebaran masalah tersebut terjadi.Demikian pula pendekatan pemecahan masalah tersebut  selalu  dikaitkan dengan  masalah, di  mana  atau  dalam lingkungan bagaimana penyebaran masalah serta bilaman masalah tersebut terjadi. Kegunaan lain dari epidemiologi khususnya dalam program kesehatan adalah ukuran-ukuran epidemiologi seperti prevalensi, point of prevalence dan sebagainya dapat digunakan dalam  perhitungan-perhitungan  :  prevalensi,  kasus  baru,  case fatality rate dansebagainya.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔