Langkah-Langkah dalam Pengembangan Produk Baru

18.27


Untuk mengembangkandan meragamkan lini produk perusahaan, perusahaan harus mengembangkandandengan sukses memperkenalkan serangkaian produk baru. Dengan persaingan produk yang sangat intens dan dinamis perubahannya, perusahaan tidak dapat hanya bergantung pada satu produk saja untuk dapat bertahan dalam persaingan bisnis.
Proses pengembangan produk baru:

a.   Pengembangan gagasan, yaitu proses melakukan pencarian ide, gagasan bagi produk baru. Ide dan gagasan dapat berasal dari dalam perusahaan maupun dari luar perusahaan yaitu konsumen dan pesaing.
b.   Penyaringan  gagasanmerupakan  usaha  untuk  mendapatkan  ide  dan gagasan produk yang sesuai dengan kemampuan, keahlian, sumber daya , dantujuan perusahaan. Ide-ide yang diperoleh baik yang berasal dari dalam maupun luar perusahaan disaring sehingga diperoleh ide-ide yang benar benar sesuai yang diharapkan untuk dapat dikembangkan lebih lanjut.
c.   Pengujian  konsep,  perusahaan  menggunakan  konsep  yang  sudah  ada dengan melakukan riset pasar untuk mendapatkan input dari konsumen.
d.   Analisis  bisnis,  Setelah  memperoleh  input  darkonsumen  ,  pemasar malkuan perbandingan biaya dan manfaat yang ditawarkan sehingga dapat diketahui apakah produk memenuhi kualifikasi produk yang layak bisnis atau tidak.
e.   Pengembangan  prototipe  /  rancangan  proses jasa,  yaitpengembangan produk sehingga produk sesuai dengan tuntutan pasar dan memilik nilai jual dan daya saing dengan produk perusahaan lain.
f.    Pengujian produk dan uji pemasaran, perusahaan melakukan produksi terbatas dan menyebarkan produk tersebut untuk digunakan langsung oleh konsumen
g.   Komersialisasi, perusahaan melakukan produksi dan pemasaran secara penuh.


Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔