Organisasi Pergerakan Nasional Indonesia Partai Nasional Indonesia (PNI)

11.21


Partai Nasional Indonesia didirikan oleh kaum terpelajar, yang dipelopori oleh Soekarno. Berdiranya PNI, tidak terlepasdari pengaruh dilarangnya PKI oleh pemerintah kolonial.
Kaum terpelajardan intelektual serta tokoh-tokoh perjuangan lainnya berusaha memikirkan strategi yang harus dijalankan untuk mencegah agar organisasi-organisasi baru tidak terperangkap pada kendala yang sama. Untuk itu mereka berkesimpulan bahwa kekerasan dan radikalisme bukan jalan perjuangan yang baik dalam menghadapi pemerintah kolonial. Golongan terpelajar yang berada dalam Algemene Studie Club Bandung pada 4 Juli 1927 mendirikan Partai Nasional Indonesia (PNI) di Bandung. Organisasi yang dipimpinoleh Ir. Soekarno. PNI didirikan dengan tujuan untuk menampungorang-orang yang merasa aspirasinya tidak  terwakili  dalam  organisasi-organisasi  politik  yang  ada  saat  itu. Tujuan PNI adalah untuk mencapai Indonesia merdeka dengan asas perjuangan berdiri di atas kaki sendiri, nonkooperasi, dan marhaenisme.
Sebagai sebuah organisasi yang baru, PNI cepat berkembang dan menarik perhatian banyak pihak.Hal ini disebabkan karena adanya propa- ganda-propaganda yang dilakukan Ir. Soekarno dengan mengusung tema antara lain: karakter yang buruk dari penjajah,  konflik  antara  pengusaha dan petani, "front sawo matang mela- wan front kulit putih," menghilangkan ketergantungan dan menegakkan ke- mandirian, serta perlunya pembentuk- an negara dalam negara. Propaganda-propaganda Ir.  Soekarno  yang  menarik  dukungan masyarakat telah mengkhawatirkan pemerintah kolonial Belanda. Gubernur Jenderal Belanda dalampembukaan sidang Volksraad pada 15 Mei 1928 memberi peringatan kepada pemimpin PNI untuk menahan diri dalam ucapan dan propagandanya. Karena tidak dihiraukan, pemerintah kolonial Belanda segera mengadakan penangkapan terhadap para pemimpin PNI, sepertiIr. Soekarno, Maskun, Gatot Mangkupraja, dan Supriadinata. Penangkapan itu terjadi pada 24 Desember1929. Mereka kemudian diajukanke depan pengadilan Landraad di Bandung.
Pengadilan Ir. Soekarno dan rekannya dihadirioleh banyak kalangan, baik dari tokoh-tokohpergerakan di luar maupun di dalam kota Bandung. Pidato pembelaan Soekarno dikenal dengan Indonesia Menggugat yang di dalamnyaberisi antara lain pandanganSoekarno me- ngenai pergerakannasional, pentingnya kemerdekaan bagi bangsa Indoensia, dan dihapuskannya pemeritah kolonial.
Pengadilan tersebutmenjatuhkan hukuman 4 tahun penjara untuk Soekarno,  2  tahun  untuk  Gatot  Mangkuraja,  1  tahun  8  bulan  untuk Maskun dan 1 tahun 3 bulan untuk Supriadinata dengan tuduhan melakukan   perbuatan   yang   mengganggu   ketertiban   umum   dan menentang kekuasaan pemerintah. Dipenjarakannya tokoh-tokoh penting PNI menimbulkan pemikiran untuk membubarkan PNI, demi keselamatan para anggota,1933. Sementara itu, Mr. Sartono, melalui kongres luar biasa mendirikan partai baru bernama Partai Indonesia (Partindo) dengan Sartono sebagai ketuanya. Sedangkan Mohammad Hatta dan Sutan Sjahrir mendirikan partaibaru yaitu PNI Pendidikan (PNI Baru).

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔