Ciri-ciri Politik Bebas Aktif

22.16



Bebas dan Aktif, hampir dalam semua pernyataan resmi pemerintah kedua-duanya disebut  sebagai  sifat  politik luar  negeri  RI.  Tapi    dalam    pernyataan  resmi  lainnya ditambahkan pula sifat-sifat lain seperti antikolonialisme atau antiimperialime,  di samping ituada pula yang mencantumkan mengabdi kepada kepentingan nasional  dan sebagainya, sebagai  sifat  politik bebas aktif.  Sebenarnya, jika dokumen-dokumen  pemerintah  diteliti secara seksama, maka akan dapat disaksikan bahwa hingga kini belum ada keseragaman dalam penentuan sifat politik bebas aktif itu.
Sebagai contoh marilah kita lihat Ketetapan MPRS No.XVII/5 Juli 1996, yang di dalamnya disebutkan bahwa sifat politik luar negeri adalah sebagai berikut: (i) Bebas aktif, antiimperialisme dan kolonialisme ... dan ikut serta melaksanakan ketertiban dunia ... dan (ii) mengabdi kepada kepentingan nasional dan amanat penderita rakyat.
Dalam dokumen Rencana Strategi Pelaksanaan Politik Luar Negeri Republik Indonesi(1984   1989)  yang  telah  ditetapkan  oleh  Menteri  Luar  Negeri  Republik Indonesia tanggal 19 Mei1983, dijelaskan bahwa sifat politik luar negeri adalah sebagi berikut: (i) bebas Aktif ..., (ii) antikolonialisme ...., (iii) mengabdi kepada kepentingan nasional dan ...., (iv) demokratis.
Dalam risalah Politik Luar Negeri yang disusun oleh Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Masalah Luar Negeri Departemen Luar Negeri, yang disebut sifat politik luar negeri hanya Bebas Aktif serta Antikolonialisme dan Antiimperialme saja.
Dengan demikian, karena Bebas dan Aktif merupakan sifat   yang melekat secara permanen pada batang tubuh politik bebas aktif, sehingga dapat dikatakan sebagai ciri-ciripolitik  bebas  aktif,  sedangkaAntikolonialisme  daAntiimperioalisme    dapat  disebut sebagai sifat.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔