Penggolongan/ Pengkategorian Pembuluh darah berdasarkan ukurannya

09.58
Pembuluh  darah   dapat   dikategorikan   berdasarkan   ukurannyasebagai berikut:
1.  Aorta tersusunatas: lapisan endothel, otot polos, dan jaringan ikat.
2.  Pembuluh nadibesar (arteri) berfungsimengangkut oksigen melalui darah dari jantung ke seluruh jaringan tubuh, akan semakin  mengecil  ketika  darah  melewati  pembuluh  menuju organlainnya.
3. Pembuluh nadikecil (Arteriola), tersusunatas: lapisan endothel, dan otot polos. Arteriolasebagai pembuluh darah resistan berfungsi mengatur alirandarah dari arterike kapiler.
4.  Kapiler tersusunatas: lapisan endothel. Pertukaran zat-zat yang terlarut dalam cairan darah ke jaringan tubuh dan sebaliknya terjadi melalui kapiler. Pembuluhkapiler : bentuknya kecil dan tipis, menghubungkan pembuluh arteri dan pembuluh vena. Lapisan dindingnya yang tipis memudahkan untuk dilewati oleh oksigen, nutrisi, karbon dioksida serta bahan sisa lainnya dari danke organ sel lainnya.
5.  Venula, vena tersusun atas endothel dengan sel pipih selapis, sub-endothelium tersusun atas jaringan ikat tipis langsung berhubungan dengan tunica adventitia. Pembuluh vena : fungsinya menyalurkan aliran darah yang berisi bahan sisa kembali ke jantung jantunguntuk dipecahkan dan dikeluarkan daritubuh.   Pembuluh   vena   semakin   membesar   ketika mendekati  jantung.  Bagian  atas  vena  (superior)  membawa darah  dari  tangan  dan  kepala  menuju  jantung,  sedangkan bagian bawah vena (inferior) membawa darah dari bagian perut dankaki menuju jantung.Tunica media tidak ada. Tunica adventitia tersusun atas jaringanikat longgar dengan serabut colagen yang membentuk berkas-berkas longitudinal, sel fibroblast tampak diantaranya. sel-sel otot polos tampak pula. Pembuluh vena  memiliki  keistimewaan  yaitu  adanya katup- katup terutamapada vena di daerah ekstremitas (anggota badan) yang terdiri atas 2 lapisan semilunaris yang menonjol ke dalamlumen. Hubungan antara arterioladan venula disebut anastomose arteriovenula (pembuluh darah shunt).
6. Vena cava, jaringan pembuluh-pembuluh darah ini sangat luas, jika dibentangkan panjangnya bisa mencapai lebih dari 60 ribu mil.Cukup untuk mengelilingi bumi lebih kali 2 kali!

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔